Kesehatan

10 Hal Tak Terduga yang Bisa Pengaruhi Tidur Anda

SELIDIKI.COM – Perubahan struktur dan fungsi otak selama pertumbuhan dapat memiliki efek mendalam pada pola tidur.

Jumlah tidur yang Anda dapatkan berkurang perlahan seiring bertambahnya usia. Ini bukan jumlah tidur yang sama yang biasa Anda dapatkan saat Anda remaja atau remaja.

Tidur sangat penting bagi tubuh di samping diet seimbang dan olahraga yang sehat. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7 sampai 8 jam tidur nyenyak setiap hari.

Gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental, menurut National Institute For Health. Tidur yang buruk dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda dan juga mempengaruhi kemampuan Anda untuk membuat penilaian yang baik.

Jadi, baca lebih lanjut tentang hal-hal yang bisa mempengaruhi tidur anda di artikel ini.

1. Telat Makan Malam

Makan malam lewat pukul 10 malam, itu akan mempengaruhi tidur Anda. Terkadang memang sulit sekali bagi Anda untuk makan malam sebelum pukul 10 karena jadwal kerja yang gila.

Tetap saja, penting bagi Anda untuk menyelesaikan makan malam Anda dalam waktu kisaran jam 9 sampai 10 malam, jangan terlambat lagi.

2. Mengonsumsi Buah Jeruk di Malam Hari

Jika Anda makan jeruk pada malam hari, itu mungkin itu bukanlah ide terbaik. Hal ini karena dengan mengonsumsi jeruk sebelum tidur akan menyebabkan mulas, yang mungkin bisa mengganggu tidur nyenyak Anda di malam hari.

Baca juga: Stephen Hawking Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

3. Tidur dengan Perut Kosong

Tidur dengan perut kosong atau perut Anda kenyang sebelum tidur bisa benar-benar mempengaruhi tidur Anda. Makan terlalu banyak saat makan malam tidak akan membuat tidur Anda nyenyak. Sebaiknya, tunggulah dua sampai tiga jam setelah makan malam atau makanlah dulu sebelum tidur.

4. Menggunakan Ponsel di Tempat Tidur

Dengan munculnya teknologi, semua orang terpaku pada ponsel mereka, yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Ketahuilah, cahaya yang keluar dari ponsel Anda itu akan mempengaruhi ritme sirkadian tubuh Anda dan merangsang produksi hormon yang perlu diwaspadai. Hal ini menyebabkan Anda susah memejamkan mata untuk tidur.

5. Berolahraga Sebelum Tidur

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat Anda langsung tertidur. Tapi, jika berolahraga sesaat sebelum tidur, itu bisa mempengaruhi tidur Anda dan akan menghentikan Anda untuk tidur nyenyak. Sebaiknya berolahraga dilakukan di pagi hari.

Baca juga: Suara Kentut Berbeda-beda, Inilah Penyebabnya

6. Jadwal yang Tidak Teratur

Jika Anda punya jadwal kerja baru atau jadwal yang tidak teratur, yang membuat Anda terlambat bekerja di kantor, ini bisa mengganggu tidur Anda, karena ada perubahan dalam pola tidur. Ritme sirkadian Anda seperti jam internal Anda yang bisa terganggu jika terjadi perubahan pola tidur.

7. Terlalu Banyak Gangguan

Kamar tidur adalah satu-satunya tempat untuk tidur dan bukan untuk menonton televisi saat tiba waktu tidur. Menonton televisi atau jika Anda berada di komputer dapat mengalihkan aktivitas otak dan dengan demikian mencegah Anda tertidur.

Baca juga: Selidiki Fakta: Sering Melamun? Bisa Jadi Karena Kamu Cerdas dan Kreatif Lho

8. Sindrom kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah adalah dorongan yang membuat Anda menggerakkan kaki saat beristirahat atau tidur di tempat tidur. Orang dengan sindrom ini merasa sulit tidur cepat dan ini adalah kondisi umum yang mempengaruhi 5-10 persen orang.

9. Cuci Wajah dengan Air Dingin

Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur Anda. Itu karena air dingin menstimulasi tubuh, melepaskan energi untuk membuat Anda terjaga. Jadi, cucilah muka Anda dengan air hangat sebelum tidur.

10. Kopi

Minum kopi sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur Anda juga. Kandungan kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang harus diwaspadai, karena bisa mengganggu tidur Anda. Jadi, alih-alih minum kopi, Anda bisa mengonsumsi sepotong coklat supaya cepat terlelap.

Bagikan artikel ini! Jika Anda suka membaca seperti ini, bagikan pada teman-teman dan orang-orang yang Anda cintai.

Gerebek Salon, Polisi Pergoki Pasangan yang Tidak Berpakaian dan Kondom

—-

Sharing is caring!
  • 2
    Shares
  • 2
    Shares
To Top
error: Content is protected !!