Sains

Google Doodle Rayakan Pi Day ke 30, Apa Itu Pi?

SELIDIKI.COM – Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun Pi Day yang ke-30, google sehari penuh akan merayakan konstan matematika “pi”  dengan makan beberapa kue panggang segar, belajar tentang geometri, konstanta matematika, dan juga bilangan irasional.

Jadi apa itu “Pi”?

Pi mewakili angka 3.1428571428571 diikuti sekitar 22 triliun lebih digit. Itu rasio lingkar lingkaran (jarak di sekitar tepi lingkaran) dengan diameternya (jarak di seberang lingkaran).

Sederhananya, pi adalah nomor yang mendefinisikan bentuk lingkaran, berapapun ukurannya. Angka 22 triliun setelah tempat desimal tampak membentang hingga tak terhingga tanpa mengulangi atau menunjukkan jenis pola lainnya, yang berarti pi adalah apa yang disebut matematikawan sebagai bilangan irasional.

Google pun merayakan Pi Day pada tanggal 14 Maret karena dua digit pertama pi ini adalah 3,14. Mereka pun mengkreasikan perayaan ini dengan membuat Doodle berbentu kue yang bundar dan juga lezat.

Baca juga: Selidiki Sosok Teresa Teng yang Mejeng di Google Doodle

Sejarah awal mulanya Pi Day dirayakan

Seperti dilansir Forbes (14/03/2018), orang jenius yang menyadari bahwa kita harus merayakan Pi Day adalah Larry Shawyer. 

Dia lah yang memulai semuanya pada tahun 1988 sebagai cara untuk menghormati kelahiran konstanta matematika agar lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Jika kamu sedang merayakan “Pi Day” hari ini dengan sepotong kue atau kue bulat; kamu bisa berterima kasih kepada fisikawan Larry Shaw, mantan kurator Exploratorium di San Francisco.

Hari Pi pertama dirayakan di sebuah retret staf Exploratorium, namun tahun berikutnya museum tersebut mengadakan pesta yang lebih besar untuk umum.

Baca juga: Selidiki Sosok Wilder Penfield, Ahli Bedah yang Sedang Tampil di Google Doodle

Setiap tahun sejak saat itu sampai tahun 1917, pesta dimulai dengan sebuah parade pukul 13:59, karena tiga digit berikutnya dari pi adalah 159 (kata-kata matematika sering tidak rasional).

Shaw meninggal pada bulan Agustus 2017, yang membuat hari pi pertama tahun ini untuk pertama kalinya acara tersebut diadakan tanpa penggagasnya.

Pada tahun 2009, Dewan Perwakilan Rakyat A.S. mengeluarkan sebuah resolusi untuk mendukung penetapan 14 maret secara resmi sebagai Pi Day.

Hari libur tersebut mendapat beberapa dukungan resmi dari pemerintah A.S. namun belum memberi izin untuk menutup kantor pos dan juga sekolah-sekolah.

Google Doodle hari ini mengkreasikan beberapa resep kue yang bermanfaat untuk membantu kamu yang sedang menikmati saat-saat indah di Hari Pi ini.

Saat kamu merayakannya, letakkan satu atau dua lilin di kue-mu dan semoga selamat ulang tahun ke fisikawan terkenal Albert Einstein dan astronot Gene Cernan tersampaikan.

Baca juga: Selidiki Sosok Wilder Penfield, Ahli Bedah yang Sedang Tampil di Google Doodle Hari Ini

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!