Fenomena

Selidiki Fakta: Sering Melamun? Bisa Jadi Karena Kamu Cerdas dan Kreatif Lho

SELIDIKI.COM – Pernahkah kamu khawatir mengenai kebiasaan melamun atau pikiran mengembara saat rapat di kantor atau di rumah? Ketahuilah jika kebiasaan sering melamun itu tidak seburuk yang anda pikirkan.

Baru-baru ini para pakar mengungkap bahwa melamun memang pertanda kamu benar-benar seorang yang cerdas dan kreatif.

Temuan menunjukkan orang dengan otak yang efisien mungkin memiliki terlalu banyak kapasitas otak untuk menghentikan pikiran mereka dari mengembara saat melakukan tugas yang dianggap mudah.

“Orang cenderung menganggap pikiran mengembara sebagai sesuatu yang buruk. Kamu mencoba untuk memperhatikan dan kamu tetap tidak bisa. Data kami, konsistensi dengan gagasan bahwa ini tidak selalu benar. Beberapa orang memiliki otak yang lebih efisien,” kata Eric Schumacher, Associate Professor di Institut Teknologi Georgia, Atlanta, Amerika Serikat, seperti dikutip dari The Indian Express.

Baca juga: Sakit Perut Di Tengah Laga Lawan Eibar, Kapten Madrid Tinggalkan Lapangan

Katanya, karena kapasitas otak untuk berpikir lebih banyak menyebabkan pikiran mengembara saat melakukan tugas mudah.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neuropsychologia, tim tersebut mengukur pola otak orang saat mereka terbaring di mesin MRI.

Para peneliti kemudian menggunakan data untuk mengidentifikasi area otak mana yang bekerja sama selama bangun dan istirahat.

Baca juga: Ternyata Penyakit Diabetes Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Penderitanya

“Area otak yang berkorelasi memberi kita wawasan tentang bidang mana otak bekerja sama selama terjaga, istirahat,” kata Christine Godwin, seorang mahasiswa doktoral di universitas tersebut.

“Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa pola otak yang sama diukur selama negara-negara ini dikaitkan dengan kemampuan kognitif yang berbeda,” Godwin menambahkan.

Individu yang melaporkan lebih sering melamun mencetak lebih tinggi pada kemampuan intelektual dan kreatif dan memiliki sistem otak yang lebih efisien yang diukur dalam mesin MRI, kata periset.

Baca juga: Rambut Bocah Ini Membeku setelah Berjalan Satu Jam ke Sekolah, Ini Faktanya

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!