Daftar Top 10

10 Minuman Elektrolit Buatan Sendiri yang Harus Anda Coba Sekarang Juga

SELIDIKI.COM – Elektrolit memang sangat memainkan peran penting dalam fungsi kesehatan tubuh kita. Secara alami elektrolit hadir dalam tubuh dalam bentuk kalsium, natrium dan kalium. Tapi, terkadang karena berkeringat, karena latihan yang gencar dan terlalu banyak aktivitas, elektrolit itu pun hilang.

Elektrolit bisa hilang saat Anda melakukan aktivitas fisik. Tubuh juga menghadapi kekurangan elektrolit selama kehamilan. Dengan tidak adanya elektrolit, beberapa perubahan dalam tubuh dapat diketahui seperti detak jantung cepat, ujung jari dan kulit putih.

Elektrolit mengatur otot, fungsi saraf, menjaga pH darah dan menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Diet bergizi bisa memberi elektrolit ke tubuh. Tapi, Anda juga bisa membuat minuman elektrolit buatan sendiri dan memilikinya.

Lihat minuman elektrolit buatan sendiri yang bisa Anda pilih berikut ini.

1. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Lemon adalah sumber elektrolit yang sangat baik. Buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk bali bisa jadi sumbernya. Buah-buahan ini mengandung mineral penting seperti potassium dan kalsium dan Anda bisa memilikinya dalam bentuk jus dan juga mentah.

2. Air Garam

Garam membantu jaga tubuh Anda karena mengandung elektrolit dan mineral seperti sodium, kalium, magnesium dan kalsium. Garam adalah bahan aktif yang akan mengisi elektrolit yang hilang dalam tubuh. Sodium adalah elektrolit Anda yang hilang saat berkeringat.

Baca juga: Anak Ini Tumbuh Alat Kelamin Pria di Punggungnya, Begini Penjelasan Medis

3. Air Kelapa

Air kelapa berfungsi sebagai minuman pengganti elektrolit. Air kelapa mampu menyegarkan sebab mengandung kandungan potassium tingkat tinggi. Kelapa juga mengandung elektrolit penting lainnya dan merupakan cara alami untuk mengisi kembali mineral yang hilang.

4. Minuman Cranberry

Cranberry juga membantu meremajakan tingkat elektrolit yang habis. Rasa manis dan asamnya membuat minuman elektrolit yang luar biasa. Hal ini juga membantu dalam membersihkan ginjal dan kandung kemih, sambil mendetoksifikasi sistem limfatik.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Mencegah Kerusakan Gigi Anda, Apa Saja?

5. Minum Jahe

Setelah berolahraga lama, Anda cenderung merasa lelah dan ingin mendapatkan kembali energi. Jahe adalah minuman yang akan menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Hal ini juga membantu dalam mengurangi nyeri otot karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang terkandung di dalam jahe, teman-teman.

6. Jus Semangka

Semangka mengandung elektrolit penting yang dibutuhkan untuk fungsi saraf dan kesehatan jantung yang tepat, yang terkuras habis karena keringat. Konsumsi jus buah ini akan memperkaya tubuh dengan vitamin dan elektrolit.

7. Garam dan Air Gula

Garam, gula dan air bila dicampur bersama akan memberikan elektrolit ke tubuh. Campuran ini akan bekerja dengan tepat, karena akan menghidrasi tubuh Anda dan menggantikan cairan yang hilang selama keringat atau diare. Anda bisa membuat campuran air garam-gula setelah Anda lelah.

Baca juga: Selidiki Pohon Berambut di Permakaman Depok yang Bikin Heboh

8. Haluskan Strawberry

Stroberi kaya akan vitamin C, kalsium, potasium, magnesium, vitamin A dan folat. Buah ini meningkatkan kesehatan jantung, melawan stroke, kanker dan depresi. Strawberry halus akan menghasilkan minuman elektrolit yang sempurna.

9. Biji Chia

Benih Chia kaya akan kalsium, fosfor, dan potassium. Biji ini juga tinggi asam lemak omega-3 dan serat makanan. Minum air biji chia akan mengisi elektrolit yang hilang dalam tubuh dan mencegah penuaan dini pada kulit Anda.

10. Minum Jus Mentimun

Mentimun kaya potasium, mangan, dan magnesium. Ini adalah minuman elektrolit yang sempurna yang meningkatkan daya ingat dan melindungi sel saraf. Mentimun juga bisa melawan peradangan, mengurangi risiko kanker, menghilangkan stres, dan mendukung kesehatan pencernaan Anda.

Jika Anda suka membaca artikel ini, bagikan ini pada orang-orang yang Anda cintai.

Baca juga: Ketahuilah 10 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal Anda

Sharing is caring!
  • 7
    Shares
  • 7
    Shares
To Top
error: Content is protected !!