Penemuan

Peneliti Ungkap Mumi Bertato Pertama di Dunia

SELIDIKI.COM, LONDON – Peneliti akhirnya telah menemukan mumi Mesir yang memiliki tato pertama di dunia. Mumi yang ditemukan itu berusia 5.000 tahun dan telah ditempatkan di British Museum.

Tato itu terlihat seperti banteng dan seekor domba di lengan atas mumi laki-laki dengan motif berbentuk S di lengan atas dan bahu mumi wanita.

Para peneliti mengatakan penemuan tersebut telah mengubah pemahaman kita tentang bagaimana orang hidup selama periode ini.

Mumi laki-laki berumur 5.000 tahun dan telah menjadi salah satu bintang yang dipajang di British Museum dan dikunjungi oleh jutaan orang setiap tahunnya.

Mumi ini dipajang di museum karena mereka ditemukan di pemakaman lebih dari 100 tahun yang lalu.

Baca juga: Terungkap, Pelecehan Seksual di RS Tidak Hanya Wanita Ini yang Diraba Dadanya

Penelitian sebelumnya telah mengungkapkan bahwa pria yang dikenal sebagai Gebelein Man meninggal dengan hebat antara usia 18 dan 21, dari luka tusukan di punggungnya.

Tapi noda hitam di lengannya, yang terlihat seperti tanda samar di bawah cahaya alami, kini telah diperiksa.

Teknologi inframerah kini telah mengungkapkan bahwa noda tersebut merupakan tato dua hewan bertanduk yang sedikit tumpang tindih yang dikenal dengan seni Mesir Predynastic.

“Mayatnya dipelihara secara alami, mungkin karena dia dikubur di puncak musim panas atau di kuburan dangkal, kami sangat yakin bahwa ini adalah tato dan tidak dicat. Ini pasti dilakukan dengan semacam jarum yang terbuat dari tulang atau tembaga, “kata Daniel, dikutip dari Daily Mail, Jumat (3/2/2018).

Sebelumnya, arkeolog awalnya mengira hanya wanita yang memakai tato dalam sejarah kuno. Tapi penemuan baru ini menunjukkan bahwa modifikasi tubuh semacam itu dipraktekkan pada kedua jenis kelamin.

Bisa juga disimpulkan bahwa tato bisa digunakan untuk menunjukkan status, keberanian dan pengetahuan magis.

Dua mumi tersebut ditemukan di Gebelein di selatan Mesir bagian atas, dekat dengan Luxor. Mereka hidup antara tahun 3351 dan 3017 SM.

Baca juga: Buku Harian Ini Ungkap Siapa yang Membangun Piramida Agung Mesir Kuno

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!