Astronomi

Astronot NASA Peggy Whitson Pecahkan Rekor Terlama di Ruang Angkasa

SELIDIKI.COM, FLORIDA – Astronom NASA Peggy Whitson baru saja pecahkan rekor dunia warga AS yang menjadi astronot dengan hari-hari paling banyak di luar angkasa. Dia telah menghabiskan 665 hari di lintasan orbit bumi.

Whitson (57) mengakhiri masa inap lebih dari sembilan bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), sebuah laboratorium riset senilai $ 100 miliar yang terbang sejauh 400 kilometer di atas Bumi.

“Saya merasa hebat,” kata ahli biokimia tersebut. “Saya suka bekerja di sini, ini adalah pekerjaan paling memuaskan yang pernah saya alami.”

Selama misi ketiganya ke stasiun, Whitson menghabiskan sebagian besar waktunya untuk eksperimen, termasuk meneliti jaringan paru-paru dan sel sumsum tulang.

Baca juga: Astronom Temukan Lubang Hitam di Dekat Jantung Galaksi Bima Sakti

Dia telah menyelesaikan empat perjalanan berjalan di luar angkasa, menambahkan enam perjalanan sebelumnya untuk memecahkan rekor sebagai wanita pertama yang memiliki waktu terlama di luar angkasa.

Dua rekannya yang diluncurkan bersama Whitson pada bulan November baru saja kembali ke Bumi tiga bulan yang lalu.

Sementara Whitson masih berada di stasiun untuk mengisi kekosongan tersebut setelah Rusia menetapkan staf stasiun mulai dari tiga sampai dua orang kosmonot.

Whitson kembali ke Bumi bersama Jack Fischer, yang juga merupakan awak Institut Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika (NASA) dan kosmonot Rusia Fyodor Yurchikhin yang telah berada di stasiun tersebut sejak bulan Juni.

“Saya ingin bertemu teman dan keluarga, tapi hal yang paling saya pikirkan, agak mengkhayalkan sedikit, adalah makanan yang ingin saya buat, sayuran yang ingin saya tumis, hal-hal yang saya sukai tidak terjawab di sini, “kata Whitson dalam wawancara lain.

Baca juga: Tak Perlu Jadi Astronot, Begini Cara Mudah Keliling Angkasa

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!