Travel

Mengapa Majalah Jerman Pilih Sumba sebagai Pulau Terindah di Dunia?

SELIDIKI.COM – Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih sebagai “Pulau Terbaik yang Indah di Dunia” menurut majalah Focus Jerman.

Pemilihan Sumba sebagai pulau terindah juga mendapat perhatian instansi terkait di Pemkot setempat.

“Kami sangat berterima kasih dan sangat menghargai majalah Focus di Jerman yang baru-baru ini memilih Sumba sebagai ‘The Best Beautiful Island in the World’,” kata Marius Ardu Jelamu, Kepala Dinas Pariwisata NTT di Kupang, Senin (2/26/2018).

Marius mengemukakan alasan mengapa majalah internasional memilih Pulau Sumba adalah kekayaan alam dan budaya Sumba yang melimpah.

Pulau Sumba yang terletak di sebelah selatan NTT memiliki keindahan savana yang luas yang jarang ditemukan di dunia. Sumba terkenal dengan pantai laut dan eksotisnya.

Baca juga: Inilah Negara-negara yang Bisa Dikunjungi Orang Indonesia tanpa Visa

Selain itu, Pulau Sumba memiliki potensi daya tarik wisata megalitik yang unik di dunia, serta berbagai produk budaya seperti tenun ikat, rumah tradisional, serta budaya berkarya Pasola yang terkenal.

“Badan internasional Bird Life juga telah mendirikan kawasan Taman Nasional Matalawa di Sumba sebagai daerah burung yang penting karena ada 10 spesies burung endemik yang tinggal di sana,” katanya.

Membawa Dampak Promosi Internasional

Marius yakin pemilihan Sumba sebagai pulau terindah di dunia akan membawa dampak promosi internasional yang akan segera diketahui jutaan orang di berbagai belahan dunia.

Wisatawan internasional juga harus bertanya-tanya di mana Pulau Sumba berada, yang memungkinkan mereka untuk berkunjung.

“Memang, saat ini kunjungan wisata ke Sumba terus meningkat dari waktu ke waktu,” katanya.

Baca juga: Pernah Tidur Di atas Air yang Dikelilingi Hutan Mangrove? Inilah Tempatnya dan Rasakan Sensasinya

Menurut Marius, semakin populernya Pulau Sumba sebagai resor wisata terkemuka di provinsi berbasis pulau tersebut, menunjukkan bahwa upaya promosi dan pemasaran melalui kegiatan pariwisata mulai berbuah.

Sumba yang terbagi menjadi empat wilayah pemerintahan daerah ini memiliki acara wisata tahunan yang terkenal, yakni parade ribuan kuda sandel atau kuda Sandalwood yang dipadukan dengan festival ikat.

“Artinya branding yang kami jual untuk pengembangan pariwisata di Sumba melalui acara ini telah menunjukkan hasil positif karena telah mendapat perhatian masyarakat asing,” katanya.

Baca juga: Aneh, Salju Turun di Sahara Salah Satu Tempat Terpanas di Dunia, Pertanda?

Marius menambahkan bahwa penelitian ilmiah yang dilakukan dengan universitas setempat juga menunjukkan bahwa Pulau Sumba telah menjadi tujuan wisatawan ketiga ke NTT setelah Taman Nasional Komodo (TNK) dan Labuan Bajo di Pulau Flores Barat.

“Sebelumnya, minat kunjungan wisatawan setelah Taman Nasional Komodo ke Kelimutu, Kabupaten Ende, tapi sekarang pilihannya sudah bergeser ke Sumba,” katanya.

Dia memastikan pemerintah daerah akan terus mengkoordinasikan promosi dan pemasaran berbagai potensi wisata, tidak hanya di Sumba, tapi juga seluruh wilayah di provinsi berbasis pulau ini. Apalagi, setiap wilayah di NTT telah didukung oleh kekayaan beragam wisata.

Baca juga: 21 Tempat Terindah Di Dunia Ini Harus Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!