Health & Fitness

5 Kebiasaan Ini Bisa Mencegah Kerusakan Gigi Anda, Apa Saja?

SELIDIKI.COM – Mencegah lebih baik daripada mengobati, begitu juga halnya gigi. Untuk mencegah perubahan warna pada gigi Anda disarankan untuk berhati-hati sesegera mungkin.

Berikut beberapa langkah preventif yang bisa anda ambil untuk menjaga gigi Anda, yaitu:

1. Sikat gigi minimal dua kali sehari, setelah makan siang dan sebelum tidur. Sikat gigi dengan cara yang benar dengan memutar. Agar lebih maksimal dianjurkan untuk mengganti sikat gigi 3-4 bulan. Pilih sikat gigi bulu lembut dengan sikat kepala yang bisa menjangkau seluruh bagian gigi. Jangan lupakan sikat lidah, yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

2. Pilih pasta gigi sealami mungkin. Hindari penggunaan deterjen pasta gigi dan pemutih yang ada. Penggunaan bleach kontinyu juga tidak baik karena bisa mengikis lapisan enamel gigi. Pilih pasta gigi yang tidak terlalu banyak campuran kimia. Seperti pasta gigi yang terbuat dari sirih dan lidah buaya.

Baca juga: Amabrush, Perangkat yang Bisa Bersihkan Plak Gigi dalam Sepuluh Detik, Begini Cara Kerjanya

3. Bersihkan plak dan tartar gigi paling sedikit setiap enam bulan sekali. Membersihkan tartar secara teratur bisa mencegah warna kusam pada gigi.

4. Makanlah banyak makanan berserat seperti sayuran seperti bayam dan buah-buahan seperti stroberi dan apel. Agar hasil maksimal, Anda dianjurkan mengkonsumsi air sedikitnya dua liter sehari.

5. Hindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Itu adalah makanan manis seperti coklat dan permen, rokok, kopi, teh dan anggur. Jika ingin makan, maka setengah jam setelah makan atau minum, Anda disarankan untuk melakukan obat kumur dengan air bersih. Hal ini dilakukan agar ramuannya tidak menempel pada gigi Anda.

Baca juga: Kanker Payudara Bisa Menyebabkan Nyeri Di Bagian Punggung, Begini Solusinya

—–

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!