Kesehatan

Kanker Payudara Bisa Menyebabkan Nyeri Di Bagian Punggung, Begini Solusinya

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Errol Hutagalung, seorang ahli bedah yang juga seorang konsultan ortopedi dan traumatologis, menyarankan agar penderita kanker payudara yang selamat untuk segera memeriksa masalah kesehatan lainnya dan tidak boleh meremehkan rasa sakit yang mungkin mereka rasakan di punggung bagian atas atau punggung bawah.

“Orang yang memiliki riwayat kanker payudara sebaiknya tidak meremehkan jenis sakit punggung ini. Mereka harus pergi ke dokter untuk memastikan (rasa sakitnya) bukan karena penyebaran kanker,” katanya kepada wartawan.

Data menunjukkan bahwa 70-80 persen stadium lanjut penderita kanker payudara mengalami penyebaran kanker ke bagian tulang-tulang.

Data Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menunjukkan penyebaran sel kanker paling sering dialami adalah di area tulang punggung dan berbanding lurus dengan data literatur international.

Baca juga: Pemilik Payudara Besar Disarankan Tidur dengan Posisi Ini2

“Jadi jika Anda mengeluh sakit linu panggul atau tulang belakang, Anda harus memastikan itu bukan sel kanker yang menyebar ke tulang. Jangan hanya secara otomatis memberi resep obat antirematik,” katanya.

Jika memang sel kanker menyebar ke tulang, dokter kemudian bisa segera turun tangan sehingga kondisi tidak bertambah buruk. Selain obat penghilang rasa sakit, terapi radiasi dan perawatan lainnya juga dilakukan.

Baca juga: Ternyata Diet Vegetarian Bisa Cegah Kanker, Lho?

Sharing is caring!
  • 12
    Shares
  • 12
    Shares
To Top
error: Content is protected !!