Internasional

Inilah Gabriel Gomes, Bocah 12 Tahun Dengan Tinggi Badan 2,3 Meter

SELIDIKI.COM – Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun memiliki ketinggian yang tidak biasa dibandingkan dengan anak seusianya. Karena kondisi yang jarang terjadi, anak ini memiliki tinggi 7 kaki 5 inci atau sekitar 2,3 meter

Dokter mengatakan kepadanya bahwa dia harus menjalani operasi otak berisiko untuk menghentikannya tumbuh lebih lanjut atau organ tubuhnya akan terganggu dan dia akan mati.

Bocah itu, Gabriel Gomes (12), menderita gigantisme, kelainan serius yang disebabkan oleh tumor kelenjar pituitari. Ini berarti tubuhnya memproduksi hormon pertumbuhan terlalu banyak.

Kelenjar pituitari, terletak tepat di bawah otak, bertanggung jawab untuk memproduksi hormon pertumbuhan dan melepaskannya ke dalam darah.

Baca juga: Aneh Perut Wanita Ini Tetap Ramping Meski Hamil 6 Bulan, Ternyata Begini Caranya

Bila ini terjadi maka itu merangsang hati untuk menghasilkan hormon lain, yang pada gilirannya menyebabkan otot dan tulang tumbuh. Hal ini penting untuk perbaikan jaringan tubuh, sekaligus pertumbuhan tubuh manusia.

Akromegali atau gigantisme terjadi saat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan terlalu banyak, sehingga jaringan tubuh tumbuh secara berlebihan. Hal ini biasanya terjadi sebagai akibat tumor otak jinak di kelenjar pituitari.

Kondisi ini tidak dianggap turun temurun karena umumnya hasil perubahan genetik di dalam sel kelenjar pituitari.

Tumor juga dapat mempengaruhi produksi hormon lain, seperti hormon tiroid yang dilepaskan dari kelenjar tiroid.

Diperkirakan sekitar empat sampai setiap 13 dalam 100.000 orang mungkin memiliki kondisi ini, yang dapat mempengaruhi orang pada usia berapapun. Kebanyakan orang didiagnosa berusia di atas 40 tahun.

Karakteristik gangguan ini adalah wajah menonjol, lidah yang membesar, tinggi badan tidak normal dan anggota tubuh yang sangat besar.

Baca juga: 10 Mitos Makhluk Aneh Di Dunia, Yuk Kita Selidiki!

Sharing is caring!
  • 8
    Shares
  • 8
    Shares
To Top
error: Content is protected !!