Politik

Empat Partai Politik di Aceh Lolos Masuk Pemilu 2019

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Runtuhnya Orde Baru pasca turunnya presiden Soeharto per 21 Mei 1998 yang digantikan oleh wakilnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, menjabat selama 1 tahun 5 bulan, membuat wajah demokrasi di Indonesia semakin sumringah.

Pasalnya, partai politik yang sebelumnya hanya ada tiga parpol (PPP, Golongan Karya dan PDI) berkembang dan beranak-pinak hingga 48 Partai menyusut jadi 27 Parpol, diet lagi menjadi 14 partai nasional dan 4 partai lokal (parpol peserta pemilu 2019).

Munculnya partai lokal di Provinsi Aceh berawal dari hasil perjanjian Memorandum Of Understanding (MoU) Helsinki dari perjanjian butir 1.2.1 tentang Partisipasi Politik masyarakat Aceh.

Baca juga: Ahok Tolak Tawaran Jadi Kader Partai Politik, Kenapa?

“Sesegera mungkin, tetapi tidak lebih dari satu tahun sejak penandatanganan Nota Kesepahaman ini, pemerintah RI menyepakati dan akan memfasilitasi pembentukan partai politik yang berbasis di Aceh yang memenuhi persyaratan Nasional. Memahami aspirasi masyarakat Aceh untuk partai-partai politik lokal, Pemerintahan RI dalam tempo satu tahun, atau paling lambat1 8 bulan sejak penandatangan Nota Kesepahaman ini, akan menciptakan kondisi politik dan hukum untuk pendirian partai politik lokal di Aceh dengan berkonsultasi dengan DPR. Pelaksanaan Nota Kesepahaman ini yang tepat waktu akan memberi sumbangan positif bagi maksud tersebut,” demikian bunyi perjanjian Helsinki di Jenewa.

Adapun perjanjian itu dituangkan dalam produk hukum sebagai implementasi butir di atas adalah dikeluarkan Peraturan Pemerintah No 20 Tahun 2007 tentang partai politik lokal di Aceh.

Baca juga: Irwandi Minta Masyarakat Aceh Tidak Mudah Terprovokasi dengan Isu Belum Jelas

Respon masyarakat Aceh tentang keberadaan partai politik lokal positif.

Pada Minggu (18/2/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi mengumumkan penarikan nomor urut partai politik peserta pemilu 2019.

Acara penarikan nomor urut berlangsung di Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat , Minggu (18/2/20180.

Untuk diketahui, pada pemilu 2019 akan diikuti oleh 18 Partai Politik, yakni 14 Partai Nasional dan 4 Partai Lokal di Provinsi Aceh.

Berikut 4 partai lokal Aceh yang mengikuti pemilu 2019 ialah, Partai Aceh, Partai Daerah Aceh, Partai Nanggroe Aceh dan Partai Sira.

15. Partai Aceh
16. Partai Sira
17. Partai Daerah Aceh
18. Partai Nangroe Aceh.

Baca juga: Ahok Tolak Tawaran Jadi Kader Partai Politik, Kenapa?

—-

Sharing is caring!
  • 6
    Shares
  • 6
    Shares
To Top
error: Content is protected !!