Internasional

Gempa 7,2 SR Guncang Bagian Selatan dan Tengah Meksiko

SELIDIKI.COM, MEXICO CITY – Sebuah gempa dahsyat telah mengguncang Meksiko selatan dan tengah, hanya beberapa bulan setelah dua gempa mematikan yang memporak-porandakan bagian negara itu tahun lalu.

Seperti dilansir selidiki.com dari independent.co.uk menyebutkan bahwa gempa Meksiko kali ini berkekuatan 7,2 SR tersebut terjadi pukul 05:39 waktu setempat, membuat bangunan bergoyang dan membuat orang-orang berlari ke jalan.

Menurut Lembaga Survei Geologi AS menyatakan pusat gempa ini berada di kota surfer selatan di Pantai Pasifik. Tapi tremor terasa hingga sampai Guatemala.

Pemerintah mengatakan beberapa kerusakan dangkal telah terjadi, namun tidak segera melaporkan korban jiwa.

Sistem peringatan darurat diaktifkan di Mexico City, sekitar 348 kilometer (216 mil) dari pusat gempa, dan banyak orang dari bangunan dievakuasi.

Rekaman video yang dipajang di media sosial menunjukkan bahwa lampu berayun dari langit-langit di sebuah gedung yang gemetar di kota, sementara video lainnya menunjukkan orang-orang melarikan diri dari luar kantor mereka yang gemetar.

Video yang diposkan oleh seorang reporter Washington Post menunjukkan kerumunan orang yang berdiri dengan tenang di alun-alun kota Mexico tengah, menunggu kabar burung itu berlalu.

Baca juga: Gempa Bumi Taiwan: Empat Tewas, 85 Hilang

Kerumunan orang juga terlihat berkumpul di jalan-jalan di ibukota negara bagian Oaxaca, lebih dekat ke pusat gempa, yang mencapai 37 kilometer timur laut kota pesisir Pinotepa de Don Luis.

Patricia Gutierrez, seorang guru bahasa Inggris berusia 66 tahun, mengatakan kepada Reuters bahwa dia sedang tidur siang dengan cucunya yang berusia 11 bulan, saat dia mendengar alarm tersebut.

“Dia mengenali suaranya. Ketika saya membuka mata, saya melihat matanya tertegun,” kata Ms Gutierrez tentang cucunya. “Matanya lebar, seperti piring, dia tidak mengatakan apapun.”

Sekretaris Alfonso Navarrete Interior berkicau di twitter dan mengatakan bahwa Oaxaca, Chiapas, Michoacán, Puebla dan Mexico City belum melaporkan adanya kerusakan besar sejauh ini.

Kepala Perlindungan Sipil Meksiko Luis Felipe Fuente juga mengatakan bahwa tidak ada laporan segera tentang kerusakan besar akibat gempa hari Jumat.

Baca juga: 20 Bangunan di Kota Tasikmalaya Dirusak Gempa

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto mengatakan bahwa protokol sistem Perlindungan Sipil Nasional telah diaktifkan, dan badan perlindungan sipil negara bagian Oaxaca men-tweet bahwa mereka sedang memantau garis pantai.

Menurut Layanan Cuaca Nasional AS mengatakan bencana alam ini belum ada ancaman tsunami yang terdeteksi.

Pemerintah Kota Meksiko mengingatkan warga melalui Twitter untuk memeriksa kerusakan, menutup katup gas, dan memutuskan sumber energi saat kembali ke rumah.

Dua gempa dahsyat melanda negara itu pada bulan September, menewaskan lebih dari 300 orang. Gempa kedua itu juga cukup menghenyakkan kekuatan bagi sekitar 5 juta orang disana, dan untuk sementara pihak pemerintah telah menutup aktivitas ke sekolah dan transportasi umum.

Baca juga: Gempa 7,3 SR Goyangkan Irak, 6 Orang Tewas

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!