Kesehatan

Masalah Keuangan Ternyata Bisa Picu Serangan Jantung

Serangan Jantung

SELIDIKI.COM – Apakah Anda begitu khawatir dengan keuangan Anda? Hati-hati itu bisa membahayakan jantung Anda. Sebuah studi baru-baru ini mengungkap bahwa orang yang memiliki masalah keuangan diperkirakan akan memiliki peluang terkena serangan jantung sebanyak 13 kali.

Periset mengatakan bahwa orang-orang, terutama di negara berkembang, akan mengalami peningkatan penyakit gaya hidup kronis seperti infark miokard, kondisi medis yang menghambat aliran darah ke otot jantung.

Oleh karena itu, aspek psikososial tubuh, terutama tekanan finansial, patut mendapat perhatian lebih dalam mencegah peningkatan laju penyakit kardiovaskular.

“Studi kami menunjukkan bahwa aspek psikososial merupakan faktor risiko penting untuk infark miokard akut,” kata Denishan Govender, seorang profesor di Universitas Witwatersrand di Johannesburg, Afrika Selatan.

Baca juga: Berdiri Terlalu Lama di Tempat Kerja Lebih Beresiko Serangan Jantung

Menurutnya, pasien membutuhkan informasi bagaimana cara melawan stres, serta informasi yang berkaitan dengan depresi atau kecemasan umum.

Para peneliti telah mempelajari lebih dari 106 pasien yang menderita infark miokard akut namun tanpa gejala penyakit jantung. Semua peserta menyelesaikan kuesioner tentang depresi, kegelisahan, stres, stres kerja dan tekanan finansial. Tingkat tekanan psikologis berdasarkan kondisi sosial dibandingkan dan dikaitkan dengan kemungkinan terkena serangan jantung.

Paper yang dipresentasikan pada Kongres Dunia Afrika 2017 ini mencatat bahwa tingkat stres yang dilaporkan sendiri umum terjadi di antara semua peserta.

Ada juga tiga kali peningkatan risiko infark miokard jika pasien mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi, seperti dikutip dari laman The Hindustan Times.

Baca juga: Dilanda Kekeringan, Warga Aceh Utara Dirikan Shalat Minta Hujan di Sawah

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!