Health & Fitness

Ternyata Penyakit Diabetes Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Penderitanya

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Diabetes tidak hanya mempengaruhi orang secara fisik, tapi juga mempengaruhi kesehatan mental mereka. Penelitian baru-baru ini menunjukkan penderita diabetes membutuhkan dukungan kesehatan mental yang lebih baik.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Diabetes UK, menunjukkan bahwa tiga dari lima penderita diabetes menderita kesehatan emosional dan mental, yang berhubungan langsung dengan penyakit mereka.

Sekitar 64 persen dari 8.500 orang dari segala usia, etnis dan latar belakang yang disurvei mengatakan bahwa mereka sering atau terkadang merasa minder karena diabetes yang mereka derita.

Selain itu, 33 persen mengatakan bahwa diabetes mencegah mereka atau anggota keluarga melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan, sementara hanya 30 persen yang mengatakan bahwa mereka benar-benar merasakan kontrol terhadap diabetes mereka.

Baca juga: Kenali Diabetes, Penyakit ‘Bang Napi’ Sebelum Meninggal

Studi ini juga menunjukkan bahwa 19 persen peserta telah menggunakan dukungan atau konseling dari seorang profesional terlatih untuk membantu mereka, sementara 32 persen mengandalkan materi bantuan mandiri termasuk buku, video dan sumber yang ditemukan secara online.

Chris Askew, Kepala Eksekutif Diabetes UK, percaya bahwa penelitian baru ini menunjukkan dukungan yang bisa diberikan pada penderita diabetes.

Baca juga: Tips Cara Jaga Tingkat Gula Darah Secara Alami

“Kami ingin melihat sistem di mana dukungan spesialis tersedia bagi mereka yang membutuhkannya, namun untuk mencapai hal ini, kita perlu melihat pendanaan berkelanjutan sebesar GBP44 juta (atau setara dengan IDR787 miliar) untuk program transformasi diabetes untuk memperbaiki perawatan bagi pasien diabetes. , “katanya, seperti dikutip dari laman The Hindustan Times.

“Studi baru ini mengungkap isolasi yang bisa datang dari pengaturan kondisi yang tak terlihat, dan betapa merusaknya hidup dengan diabetes untuk kesehatan emosional penderitanya tanpa dukungan yang tepat,” kata Chris.

Baca juga: Makanan Kaya Serat Ternyata Bisa Kurangi Diabetes

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!