Keuangan

Bagaimana Cara Menyimpan Kriptocurrency Setelah Bitfinex Diretas?

SELIDIKI.COM – Salah satu berita terpenting bulan Desember 2017 lalu adalah kabar diretasnya Bitfinex, salah satu platform trading paling populer untuk penggemar kriptocurrency. Dengan demikian, masalah di mana dan bagaimana menyimpan kripto yang tersembunyi menjadi lebih penting lagi.

Jika Anda benar-benar ingin mengetahui bagaimana memperlakukan dan menyimpan kripto simak ulasan yang telah kami selidiki dari born2invest dibawah ini.

Dua Cara Penyimpanan Kriptocurrency: Panas Dan Dingin

Cara yang panas disebut begitu karena koin selalu tersedia secara online, dan Anda bisa menghabiskannya kapan saja.

Cara ini mempertimbangkan akses Internet untuk mencapai blockchain.

Yang dingin, sebaliknya, ditujukan untuk penyimpanan otonom tanpa koneksi ke jaringan. Untuk tujuan ini, Anda bisa menggunakan komputer pribadi, smartphone, kartu flash atau bahkan selembar kertas, tapi dompet perangkat keras dianggap paling aman.

Selain itu, setiap penyimpanan dapat menyimpan satu atau beberapa mata uang sekaligus, pada biasanya dan banyak mata uang.

Pilihan yang tepat dari penyimpanan panas atau dingin merupakan langkah penting. Anda harus mengerti bahwa keamanan aset kriptocurrency Anda bergantung pada pilihan Anda.

Metode penyimpanan yang paling andal dianggap dingin. Dalam kasus ini, koin disimpan di perangkat pribadi Anda dan tidak tersedia untuk siapa pun, kecuali Anda. Namun demikian, masing-masing metode yang dijelaskan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya juga.

Hot Storage

Esensi hot storage terdiri dari pengiriman kunci pribadi dompet Anda ke server dari pasar atau layanan serupa sehingga Anda bisa mendapatkan akses ke dompet secara online kapan saja hanya mengetahui login dan kata kunci.

Jika Anda memilih metode ini, sebaiknya untuk memberikan tindakan perlindungan tambahan yang diberikan oleh layanan, misalnya, otentikasi dua tahap (konfirmasi pintu masuk dan operasi menggunakan kode SMS misalnya).

Cold Storage

Dalam kasus ini, kunci pribadi dompet disimpan di perangkat pribadi Anda dan tidak dapat diakses dari Web. Dengan metode cold storage, dimungkinkan untuk membawa penyimpanan perangkat keras dan kertas.

Simpan di Perangkat Keras

Ini adalah perangkat khusus yang ditujukan untuk penyimpanan kripto. Seringkali dompet perangkat keras memiliki perlindungan terhadap virus, hacking, dan pengaruh eksternal lainnya. Sebuah analog dari dompet seperti itu adalah USB drive.

Paper storage (penyimpanan kertas)

Ada layanan online yang memungkinkan Anda membuat penyimpanan kertas – data di atas kertas berisi kode QR khusus yang membuka akses ke akun Anda. Anda juga bisa menulis ulang kunci kertas dan menyebutnya sebagai tempat penyimpanan kertas.

Pilihan Optimal untuk Menyimpan Kriptocurrency

Varian penyimpanan yang optimal adalah penggunaan dua penyimpanan yang berbeda-panas dan dingin. Begitulah cara pengguna cryptocurrency yang paling berpengalaman bertindak.

Dianjurkan untuk menjaga jumlah minimum kriptocurrency minimum pada penyimpanan panas, dan dana utama harus disimpan di tempat penyimpanan dingin yang menyimpannya di tempat yang aman.

Pendekatan seperti itu akan memungkinkan Anda menyimpan dana Anda dengan aman jika pasar yang Anda gunakan telah diretas. Semoga tips ini akan membantu Anda menyimpan kriptokurensi dengan aman dan tidak takut lagi kecolongan pencuri.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!