Aceh

Senator Asal Aceh Turut Prihatin Terkait Isu Berita Pembangunan Kampus AKN Pidie Jaya

Masalah Bioskop di Aceh, Haji Uma: Tanyakan ke Ulama Aceh

SELIDIKI.COM, BANDA ACEH – Berkaitan dengan viralnya isu di media sosial menyangkut pembangunan kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) oleh Yayasan Budha Tsu Chidi Ulee Gle, Pidie Jaya, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H. Sudirman atau yang lebih akrab disapa dengan nama Haji Uma ikut prihatin dan menanggapi persoalan ini dengan bijak.

Menurut Haji Uma, bantuan dari siapapun boleh, namun berkaitan dengan seremonial peletakan batu pertama pembangunan Kampus AKN itu seharusnya dikomunikasikan terlebih dulu tentang format acaranya, termasuk penggunaan umbul umbul itu (Nuansa budaya Tionghoa dan tulisan China).

Baca Juga : Jelang Valentine Day Bupati Aceh Besar Keluarkan Surat Larangan Perayaan

Lanjut Haji Uma, setidaknya informasi ini dikabarkan sebelumnya. Supaya masyarakat bisa memahami apa maksud dan tujuan pemerintah membangun sebuah kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) tersebut, supaya tidak terjadi gejolak atau permasalahan yang tidak diharapkan

“Ini menjadi serba salah, seharusnya sebelum acara peletakan batu pertama dilakukan, baiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan pemerintah daerah, para Ulama, serta pemberitahuan kepada seluruh masyarakat supaya tidak terjadi masalah yang rumit, dan muncul isu negatif seperti sekarang ini”, jelas Haji Uma Kepada Tim Penyelidik Selidiki.com, Selasa (13/02/2018).

Baca juga: Bupati Wajibkan Pramugari Rute Aceh Berjilbab, Pramugari Nonmuslim Begini Solusinya

“Kita juga jangan lupa melihat kekhususan Aceh, yaitu di bidang agama, adat dan istiadat Aceh, serta budaya kita yang pernah mendapat gelar yang sangat terhormat dari umat Islam nusantara. Negeri ini dijuluki “Serambi Makkah” sebuah gelar yang penuh bernuansa keagamaan, keimanan, dan ketaqwaan, ini yang harus kita jaga dan kita pertahankan sampai anak cucu kita kelak”, ujar Haji Uma.

Tambahnya lagi, Islam itu lembut, mengayomi. Pembangunan kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) ini mungkin bukan untuk menyusahkan masyarakat, tapi membawa umat ke arah yang lebih cerdas baik dalam bidang Pendidikan, budaya dan bidang agama.

Dalam hal ini, kebetulan pembangunannya dibantu oleh yayasan Budha Tsu chi. Tidak ada yang salah siapa yang membangun selama tidak ada tujuan lain yang melenceng dari maksud bantuan pembangunan kampus AKN itu sendiri.

Baca juga: Pembangunan Kampus AKN Pidie Jaya Rp 450 Miliar, Yayasan Budha Tzu Chi Bantu Rp 20 Miliar

Lebih lanjut Haji Uma juga mengatakan bahwa perlu kita cermati secara jernih dan jangan ada dari kita saling memvonis pihak A atau B bersalah, karena Maha benar hanyalah Allah, kita harus saling menghargai satu sama lain dan saling bekerjasama untuk memikirkan bagaimana Aceh ini menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.

“Harapan kita apapun yang terjadi berkaitan dengan Aceh mari sama-sama kita pecahkan masalah tersebut secara bersama, saling mendukung saling percaya, saling menjaga, demi marwah, dan ketentraman Aceh supaya menjadi daerah yang aman dan damai,” tutup H. Sudirman atau lebih akrab disapa haji uma ini.

Baca Juga : Membongkar Sosok Hasan Tiro Sang Proklamator Kemerdekaan Aceh

——

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!