Aceh

Polisi Amankan Bom Rakitan Masa Konflik Aceh

Temuan Bom Rakitan Masa Konflik di Aceh Besar

SELIDIKI.COM, BANDA ACEH – Tim Gegana Brimob Polda Aceh berhasil mengamankan sebuah bom rakitan semasa konflik di belakang rumah warga Gampong (desa) Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Kapolresta Banda Aceh AKBP Trisno Riyanto melalui Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Krueng Raya AKP Agus Salim di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan, bom yang diamankan itu berbentuk panjang 40 centimeter dan diameter 68 centimeter.

“Bom itu ditimbun dalam tanah yang terbungkus dengan karung beras warna putih. Berat bom 25 kilogram dengan panjang kabel pemicu enam centimeter,” kata AKP Agus Salim.

Bahan peledak rakitan tersebut berhasil diamankan setelah warga melaporkan di belakang rumah seorang warga di Gampong Neuhen ada ditanam sebuah bom.

Bom itu diduga ditanam semasa konflik Aceh terjadi.

AKP Agus Salim menyebutkan, pemilik rumah hendak membangun dapur. Kemudian ada warga memberi tahu bahwa di belakang rumahnya ada bekas konflik.

Baca juga: Selidiki Sosok Untung Sangaji yang Pernah Lumpuhkan Pelaku Teror di Sarinah dan Berani Macho-kan Waria Di Aceh

“Kemudian, warga pun melapor ke Mapolsek Krueng Raya. Kami memerintahkan personel mengecek lokasi serta melaporkan ke Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh,” kata AKP Agus Salim.

Berdasarkan laporan itu, Tim Penjinak Bom Gegana Brimob Polda Aceh pun menyisiri lokasi yang dilaporkan ada bom pada Jumat (2/2) sekitar pukul 17.00 WIB. Akan tetapi karena sudah, pencariannya pun ditunda dan dilanjutkan keesokan harinya.

AKP Agus Salim mengatakan, tim penjinak kembali menyelidiki lokasi. Pada Sabtu (3/2) sekitar pukul 10.00 WIB, tim pun mendeteksi ada logam di kedalaman sekitar 50 centimeter.

“Sesudah digali, ditemukan bom dengan kondisi berkarat. Kemudian, bom pun diledakkan tidak jauh dari lokasi temuan, sayangnyabom tidak meledak, alhasil bom itu pun dibawa ke Mako Gegana Brimob Polda Aceh,” kata AKP Agus Salim.

Baca juga: Serangan Bom Masjid di Mesir Tewaskan 235 Orang, Siapakah Dalangnya?

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!