Fenomena

Warga Jakarta Kecewa Tak Bisa Lihat Super Blue Blood Moon di Monas

superblueblood moon warga jakarta tak bisa lihat di Monas

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Fenomena alam ‘Super blue blood moon’ bisa dinikmati dengan mata telanjang di Indonesia meski langit mendung.

Pukul 18.48 gerhana bulan telah dimulai, pada pukul 19:16 sore bulan tertutup oleh awan dan bulan diperkirakan tertutup sempurna dari pukul 19:51 sampai 20:29 WIB.

Sayangnya, warga Jakarta yang berniat nonton bareng dari Monumen Nasional (Monas) kecewa karena bulan sama sekali tak terlihat dan ditutupi awan tebal.

Kinara yang datang bersama keluarga tampak kecewa karena gagal melihat fenomena langka tersebut. “Kami datang ke sini dengan harapan bisa melihat gerhana bulan, ternyata mendung,” kata Kinara kepada awak media, Rabu (31/1/2018).

Gerhana bulan total berakhir pada pukul 21.08, namun gerhana bulan parsial masih bisa terlihat sampai pukul 22:11 WIB.

Ini adalah fenomena terakhir yang terjadi setelah 150 tahun yang lalu. Total durasi gerhana ini berlangsung selama lima jam 20,2 menit.

Baca juga: Kok Bisa Ada 2 Supermoon pada Januari 2018? Ini Penjelasannya

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, fenomena tersebut terjadi hanya sekali 150 tahun di lokasi yang sama.

Dia mengatakan Supermoon adalah penampakan bulan purnama dengan tingkat yang lebih cerah dan lebih besar dari biasanya karena bulan dan bumi sangat dekat. Pada saat bersamaan, katanya, bulan purnama dan gerhana akan tampak lebih besar dari biasanya.

Istilah Blue Moon mengacu pada fenomena terjadinya gerhana dua kali di bulan yang sama, yaitu pada bulan Januari. Gerhana ini terjadi pada awal dan akhir Januari.

Istilah Blood Moon mengacu pada tampilan bulan yang cenderung menjadi merah. Warna darah merah terjadi saat bulan memasuki area bayangan bumi di umbra atau saat gerhana bulan total memasuki fase puncaknya.

Dwi mengatakan total gerhana bulan umumnya membuat penampakan bulan di langit benar-benar gelap.

Baca juga: Super Blue Blood Moon Nanti Malam Ternyata Berefek Terhadap 5 Fakta Ini, Nomor Lima Paling Menyenangkan!

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!