Kesehatan

Beberapa Tips Cara Menjaga Lidah Anda Agar Tetap Sehat

cara merawat lidah tetap sehat

SELIDIKI.COM – Sebagai organ yang digunakan untuk alat perasa, pas bagi Anda untuk menjaga kesehatan lidah agar tetap berfungsi dengan baik.

Bayangkan jika lidah Anda memiliki masalah. Tentunya Anda tidak bisa mencicipi berbagai makanan lezat, bukan? Jadi, bagaimana kita menjaga lidah kita tetap sehat?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan lidah Anda.

Cara pertama, seperti yang diungkapkan dr. Puneet Ahuja, Konsultan Senior Bedah Gigi di Sri Balaji Action Medical Institute, India, Anda bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah Anda.

Anda bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah dengan menariknya dari ujung ke ujung lidah. Ulangi aktivitas ini dua sampai tiga kali selama proses pembersihan lidah.

Gunakan pembersih lidah setelah menyikat gigi baik di pagi maupun malam hari. Setelah menggunakan pembersih lidah, disarankan untuk menggunakan obat kumur non-alkohol atau kumur dengan air hangat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kesehatan Tulang, Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Cara selanjutnya adalah minum air putih, setidaknya dua liter air per hari. Selain menjaga kesehatan lidah, kebiasaan ini juga berfungsi menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Minum dua liter air per hari ternyata juga membantu lidah tetap merah muda (warna asli lidah).

Selain itu, mengonsumsi air secukupnya juga menghindari mulut agar tidak kering, mempertaruhkan pertumbuhan mikroba di permukaan lidah.

Cara terakhir adalah berkumur-bilas dengan menggunakan air asin. Isi gelas setengah penuh dengan air hangat dan taruh setengah sendok teh garam ke dalamnya. Lalu, gunakan cairan untuk bilas.

Dalam artikel yang diterbitkan dalam British Dental Journal, bilas air garam bermanfaat untuk meningkatkan pH di mulut sehingga bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Semoga berhasil.

Baca juga: 4 Tips Cara Orangtua Kenalkan Teknologi Digital pada Anak

Sharing is caring!
  • 16
    Shares
  • 16
    Shares
To Top
error: Content is protected !!