Hukum

Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal Dibebaskan dari Tahanan

AlWaleed Bin Talal Dibebaskan

SELIDIKI.COM, RIYADH – Milyarder Arab Saudi Pangeran Alwaleed bin Talal akhirnya dibebaskan dari tahanan pada Sabtu (27/1/2018) setelah lebih dari dua bulan ditahan karena tindak pidana korupsi yang melibatkan sejumlah pangeran dan menteri.

Menurut sumber keluarga kerajaan Saudi, pembebasan Alwaleed bin Talal terjadi beberapa jam setelah dia mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Hotel Ritz-Carlton di Riyadh bahwa dia bersih dari kesalahan dan akan dilepaskan dalam beberapa hari.

Tidak jelas alasan pembebasannya dan pejabat Saudi belum dapat meresponnya.

Baca juga: Pemerintah Arab Saudi Tangkap 11 Pangeran, Begini Reaksi Donald Trump

Namun, keputusan untuk membebaskannya, dan pelepasan beberapa konglomerat terkenal lainnya pada hari Jumat, mengesankan sebagian besar penyelidikan korupsi mereda setelah membuat kejutan di antara kelompok-kelompok mapan dalam bisnis dan politik Saudi.

“Dia sudah di rumah,” kata sumber keluarga Pangeran Alwaleed kepada Reuters.

Pangeran Alwaleed telah dikurung di Ritz-Carlton sejak awal November, bersama dengan puluhan pejabat senior dan pengusaha lainnya, bagian dari rencana Putera Mahkota Mohammed bin Salman untuk mereformasi Arab Saudi sebagai kekuatan minyak dan mengkonsolidasikan kekuatannya.

Awal pekan ini, Kejaksaan Agung mengatakan bahwa 90 orang yang ditahan dibebaskan setelah dakwaan terhadap mereka dibatalkan, sementara yang lain telah membayar uang tunai, real estat dan aset lainnya untuk pembebasannya. Pihak berwenang masih memegang 95 orang, katanya. Beberapa akan dibawa ke pengadilan.

Baca juga: Inilah Pertama Kalinya Wanita Arab Saudi Diperbolehkan Nonton Pertandingan Sepak Bola

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!