Sosok

Selidiki Sosok Wilder Penfield, Ahli Bedah yang Sedang Tampil di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle Wilder Penfield

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Wilder Penfield adalah seorang ahli bedah saraf yang digambarkan sebagai “orang Kanada yang paling hebat”. Namanya sedang dirayakan Google Doodle hari ini di hari ulang tahunnya yang ke 127. Ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang sosoknya.

Sosok Wilder Penfield

Sosok Wilder Penfield [thesun.co.uk]

Siapakah Wilder Penfield?

Wilder Penfield lahir di Spokane, Washington State, pada tanggal 26 Januari 1891 dan dibesarkan di Hudson, Wisconsin.

Ia kuliah di Universitas Princeton, pecinta sepak bola, akhirnya mendapatkan beasiswa kuliah kembali di Merton College, Oxford, pada 1915 untuk belajar neuropatologi, sebelum akhirnya ia bekerja di sebuah rumah sakit militer Paris selama Perang Dunia Pertama.

Setelah menyelesaikan gelar kedokterannya, dia kemudian menjadi ahli bedah saraf Montreal, mendirikan Institut Neurologis Montreal pada tahun 1934, tahun dia menjadi warga negara Kanada.

Dia adalah seorang ahli bedah yang hebat, yang percaya bahwa obat adalah “cara terbaik untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik”.

Penfield menciptakan prosedur Montreal yang merevolusi pengobatan epilepsi. Ini melibatkan penggunaan probe listrik untuk mengobati aktivitas kejang di otak sementara pasien itu sedang benar-benar sadar.

Wilder Penfield

Wilder Penfield

Wilder Penfield juga membuat penemuan signifikan di bidang neurologis seperti halusinasi, ilusi dan déjà vu.

Dia pun dinobatkan sebagai seorang sosok tokoh yang membantu meningkatkan status global Kanada dalam perawatan kesehatan dan sains, dan pernah dijuluki sebagai “orang Kanada yang paling hebat”.

Penfield dikenal dengan Order of Merit yang terhormat pada tahun 1953 dan secara anumerta dilantik ke dalam Canadian Medical Hall of Fame.

Setelah pensiun pada tahun 1960, ahli bedah saraf mengabdikan tahun-tahun terakhirnya untuk mendukung pendidikan universitas dan kepentingan publik lainnya.

Dia meninggal karena kanker perut pada tanggal 5 April 1976 di Rumah Sakit Royal Victoria di Montreal pada usia 85 tahun.

Jalan-jalan dan sekolah-sekolah di Kanada pun dinamai “Wilder Penfield” untuk menghormatinya. Sementara itu foto sosok Penfield tergantung di Rhodes House, Oxford.

Google Doodle Wilder Penfield

Google Doodle Wilder Penfield

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Beri Penghormatan Pada Max Born, Peraih Nobel Jerman

Apa itu Google Doodle?

Pada tahun 1998, pendiri mesin pencari Larry dan Sergey menarik seorang tokoh tongkat di belakang ‘o’ Google yang kedua sebagai pesan bahwa mereka tidak berada di kantor pada festival Burning Man dan dengan itu, Google Doodles pun lahir.

Perusahaan memutuskan bahwa mereka harus menghias logo untuk menandai momen budaya dan segera menjadi jelas bahwa pengguna benar-benar menikmati perubahan ke beranda Google.

Pada tahun yang sama, kalkun ditambahkan ke Thanksgiving dan dua labu muncul sebagai ‘o untuk Halloween tahun berikutnya.

Sekarang, ada tim penuh doodlers, ilustrator, desainer grafis, animator dan seniman terlatih klasik yang membantu menciptakan apa yang Anda lihat pada masa itu.

Di antara Doodle yang diterbitkan dalam beberapa bulan terakhir adalah yang memperingati ilmuwan Jerman Robert Koch, Jan Ingenhousz (yang menemukan fotosintesis) dan peringatan 50 tahun bahasa pengkodean anak-anak diperkenalkan.

Awal tahun ini, raksasa pencarian merayakan 2017 Autumn Equinox, yang menandai berakhirnya musim panas dan musim gugur yang akan datang dan merayakan hari kelahiran sosok-sosok hebat dunia lainnya untuk menginspirasi dunia.

Baca juga: Pencarian Google Paling Populer di Tahun 2017 Terungkap

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!