Health & Fitness

Riset Ini Buktikan Aroma Manusia yang Mengendap Bisa Jadi Obat Stres yang Sangat Baik

Mencium Aroma Tubuh Manusia

SELIDIKI.COM – Tahukah Anda jika mengendus aroma manusia bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres?

Menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology yang dilakukan oleh para periset di University of British Columbia mengungkap cara kerjanya seperti ini.

Begini cara kerjanya: Periset merekrut sekitar 100 pasangan pria / wanita. Orang-orang diberi kaos bersih untuk dipakai selama 24 jam dan diinstruksikan untuk tidak menggunakan produk tubuh deodoran atau produk wangi lainnya.

Setelah 24 jam selesai, peserta wanita diberi kaos secara acak untuk mengetes hidung mereka. Kemeja itu dikenakan oleh pasangan mereka, oleh orang lain selain pasangannya, dalam keadaan bersih atau tidak bersih. Mereka tidak diberi tahu kemeja mana yang mereka berikan sebelum tes mengendus.

Baca juga: Tips Hidup Sehat, Bugar, dan Gembira Bagi Pria

Sebelum dan sesudah mencium kaos, para wanita menjalani tes stres terlebih dahulu. Periset memperhatikan bahwa wanita yang mengendus t-shirt pasangan mereka sendiri merasa kurang stres. Bukan hanya itu, tapi beberapa wanita bahkan bisa benar mengenali aroma pasangan mereka.

Hasilnya

“Banyak orang memakai kemeja pasangan mereka atau tidur di sisi pasangan mereka saat pasangan mereka pergi, tapi mungkin tidak menyadari mengapa mereka terlibat dalam perilaku ini,” sebut penulis pada penelitian ini yang juga merupakan seorang mahasiswa pascasarjana di jurusan psikologi UBC, Marlise Hofer.

“Temuan kami menunjukkan bahwa aroma seorang pasangan saja, bahkan tanpa kehadiran fisik mereka, bisa menjadi alat yang ampuh untuk membantu mengurangi stres.”

Baca juga: Inilah 4 Kebiasaan Buruk Istri Yang Bisa Pengaruhi Keintiman di atas Ranjang

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!