Kesehatan

Berdiri Terlalu Lama di Tempat Kerja Lebih Beresiko Serangan Jantung

Serangan Jantung

SELIDIKI.COM – Pekerjaan yang mengharuskan seseorang berdiri sepanjang hari, seperti koki, penjaga keamanan, petugas parkir, perawat atau bahkan profesi yang lain, menurut sebuah penelitian baru-baru ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga dua kali lipat.

Studi ini berasal dari American Journal of Epidemiology, yang menegaskan bahwa ini punya efek buruk sama buruknya dengan merokok satu batang rokok setiap hari.

Selama 12 tahun penelitian ini telah dilakukan dan menemukan fakta bahwa berdiri untuk waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

“Berdiri terlalu lama bisa menyebabkan sakit punggung dan gangguan muskuloskeletal,” kata Peter Smith, kepala penelitian American Journal of Epidemiology, seperti dikutip Metro.

Baca juga: Inilah 5 Reaksi Tubuh Saat Kamu Sedang Jatuh Cinta

Ia melanjutkan, gangguan muskuloskeletal adalah kelainan pada area otot, ligamen, saraf, tendon, dan tulang belakang. Gangguan ini menyerang bagian belakang tubuh.

“Kejadian serangan jantung di antara responden lama berdiri saat bekerja sebenarnya sangat mirip dengan kejadian serangan jantung yang disebabkan oleh rokok, atau yang mengalami obesitas,” jelas Peter.

Tingkat serangan jantung mencapai 6,6 persen, mengalahkan rokok pada angka 5,8 persen. Sedangkan untuk orang gemuk mencapai 6,9 persen.

“Memang manusia tidak disarankan berdiri lebih dari lima jam setiap hari, jika lebih, maka efek negatif ini akan terasa dalam jangka panjang,” katanya.

Baca juga: Ternyata Minyak Kelapa Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Begini Caranya

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!