Internasional

Kenalin Nih Oymyakon, Desa Terdingin di Muka Bumi

Oymyakon Desa Paling Dingin Di dunia

SELIDIKI.COM – Selamat datang di desa terdingin di muka bumi dan dunia, di mana suhu rata-rata di bulan Januari 2018 adalah -50 derajat Celsius dan bulu mata manusia membeku sendirinya.

Ini adalah sebuah desa Siberia terpencil di Oymyakon. Desa ini menjadi permukiman yang sangat dingin. Bahkan, termometer untuk mengukur suhu bisa pecah di desa ini.

Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (16/1/2018), desa ini menampung sekitar 500 orang kuat. Pada tahun 1920 dan 1930-an diketahui desa ini adalah tempat persinggahan bagi para gembala.

Oymyakon Desa Terdingin Di dunia

Oymyakon Desa Terdingin di dunia [foto: dailymail.co.uk]

Pada tahun 1933, suhu minus 67.7C tercatat di Oymyakon, dan dikenal sebagai suhu terendah di belahan bumi utara. Temperatur yang lebih rendah dicatat di Antartika, namun di lokasi tersebut tidak ada penghuni yang menetap lama atau bermukim.

Baca juga: Inilah 7 Kota Paling High-Tech di Dunia Tahun Ini

Masalah sehari-hari yang dialami warga yang tinggal di Oymyakon adalah pembekuan tinta pena, kacamata beku di wajah dan baterai yang kehilangan daya listriknya.

Oymyakon Desa Terdingin Di dunia minus 52 derajat celsius

Oymyakon Desa Terdingin Di dunia minus 52 derajat celsius

Penduduk setempat dikatakan meninggalkan mesin mobil mereka sepanjang hari karena takut tidak bisa menyalakannya kembali saat mematikannya.

Susah Menguburkan Orang Mati

Es yang padat di tanah juga membuat proses penguburan orang mati menjadi tugas yang sulit. Pertama-tama tanah harus dicairkan sebelum digali, sehingga api unggun dinyalakan selama beberapa jam.

Batu bara panas kemudian disingkirkan dan lubang hanya beberapa inci dalamnya digali. Proses diulang selama beberapa hari sampai lubangnya cukup dalam untuk mengubur peti mati.

Luar biasa bukan, masih mau nih jalan-jalan ke desa Oymyakon ini?

Baca juga: Inilah 7 Konsep Taman Terindah di Dunia

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!