Apps & OS

Cara Amankan Grup Chatting WhatsApp Anda dari Penyusup

Whatapps selidikinews

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Seorang penyusup bisa saja datang kapan saja dan mengobrol di grup WhatsApp Anda punya. Bahkan yang paling ditakutkan lagi, peneliti dari Ruhr University Bochum di Jerman telah menemukan sebuah lubang keamanan dalam aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp, Signal, dan Threema baru-baru ini.

Peneliti menemukan sebuah celah bagaimana caranya seseorang dapat menyusup secara diam-diam ke dalam grup obrolan di aplikasi pesan instan. Bahkan jika pengguna telah menggunakan enkripsi end-to-end sekalipun.

Bagaimana bisa? Dalam sebuah pertemuan keamanan yang disebut Real World Crypto yang berlangsung di Swiss, baru-baru ini, disebutkan bahwa siapa pun yang mengendalikan server aplikasi, dapat memasukkan orang baru ke grup obrolan tanpa memerlukan izin admin grup tersebut.

Baca juga: Waspada! Grup WhatsApp Bisa Disusupi oleh Anggota yang Tidak Kamu Kenal, Begini Caranya

Jadi, bagaimana cara agar obrolan dalam kelompok WhatsApp tetap aman dan tidak bocor?

Diungkapkan oleh Kaspersky Lab, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama, perhatikan obrolan dan kontrol grup secara manual untuk penambahan anggota baru.

Selanjutnya, hindari berbagi informasi pribadi yang sensitif di grup obrolan, dan mereka merekomendasikan untuk menggunakan pesan langsung. Dan akhirnya, pasang solusi keamanan pada perangkat Anda untuk melindungi dari potensi ancaman.

Baca juga: Cara Nge-Prank Teman Melalui WhatsApp

Sharing is caring!
  • 13
    Shares
  • 13
    Shares
To Top
error: Content is protected !!