Good Food

Ternyata Minyak Kelapa Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Begini Caranya

Minyak kelapa
Foto | Rawito.co.uk

SELIDIKI.COM – Minyak kelapa diketahui memiliki kandungan yang baik untuk menyehatkan rambut, merawat masalah gigi terhadap kulit.

Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu mengatasi penyakit serius seperti jantung.

Menurut sebuah studi baru-baru ini, konsumsi minyak kelapa rutin setiap hari selama empat minggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Periset Kay-Tee Khaw dan Profesor Nita Forouhi dari Universitas Cambridge melakukan penelitian terhadap 94 relawan berusia antara 50 dan 75 tahun, yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes, demikian dilaporkan Zee News, Selasa (16/01/ 2018).

Mereka membagi peserta menjadi tiga kelompok dan masing-masing diminta untuk mengkonsumsi 50 gram atau kira-kira tiga sendok makan minyak kelapa, minyak zaitun extra virgin atau mentega tawar setiap hari selama empat minggu.

Mereka ingin menganalisis bagaimana makan lemak ini secara teratur akan mempengaruhi tingkat kolesterol para sukarelawan.

Baca juga: Aneh Perut Wanita Ini Tetap Ramping Meski Hamil 6 Bulan, Ternyata Begini Caranya

Hasil Penelitian, ternyata?

Temuan menunjukkan bahwa partisipan, yang mengonsumsi mentega melihat kenaikan rata-rata 10 persen pada kadar kolesterol LDL mereka, yang dikenal sebagai “kolesterol jahat”.

Mereka yang mengonsumsi minyak zaitun mengalami sedikit penurunan kadar LDL dan kenaikan kadar kolesterol HDL lima persen, yang sering disebut sebagai ‘kolesterol baik’.

Sementara itu, peserta yang mengonsumsi minyak kelapa melihat kenaikan kadar HDL terbesar dengan rata-rata 15 persen.

“Saya pikir keputusan untuk mengkonsumsi minyak tertentu bergantung pada lebih dari sekedar efek kesehatan,” kata para peneliti.

Baca juga: Cara Bersihkan Kulit Berminyak dengan Cuka

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!