Pemerintahan

Cegah Kejahatan Cyber, BSSN akan Gunakan Teknologi Lokal

Badan Sandi negara atasi kejatan siber

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akan menggunakan teknologi lokal untuk melakukan tugas mereka dalam mendeteksi dan mencegah kejahatan cyber dan menjaga keamanan cyber.

“Ya, kami menggunakan teknologi lokal,” kata Juru Bicara BSSN Anton Setiawan saat dihubungi di Jakarta, Senin (15/1/2018).

Sebelumnya, Anton mengatakan, BSSN dalam melindungi kerahasiaan pemerintah menggunakan teknologi yang sepenuhnya dibuat oleh wakil penelitian dan pengembangan.

Meskipun tanggung jawab BSSN lebih luas karena mereka bertanggung jawab tidak hanya untuk pemerintah tetapi juga untuk sektor swasta dan publik, ia yakin masih dapat menerapkan teknologi lokal.

“Kita harus dilibatkan juga di sektor swasta dan publik agar bisa menerapkan karya warga negara di semua sektor sekarang,” katanya.

Baca juga: 6 Terobosan Teknologi Ini Isyaratkan Masa Depan Energi Surya yang Cerah

Anton mengakui masih ada ketidakseimbangan teknologi dari negara lain, terutama kualitas. Namun, akan terus mengejar lompatan teknologi itu.

BSSN percaya pada kemampuan warga negara, terutama karena teknologi tidak dimulai dari nol dan perlu disesuaikan dengan standarnya sendiri.

“Kita bisa meniru yang sudah ada, maka standar keamanan dan kriptografi bisa diubah sesuai standar kita sendiri,” kata Anton.

BSSN adalah badan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh negara, terutama dalam mengantisipasi pesatnya perkembangan dunia cyber.

Baca juga: 6 Teknologi yang Paling Dinantikan di Tahun 2018

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!