Pemerintahan

Beberapa Kisah Unik dan Menarik tentang Sejarah Indonesia

Presiden Soekarno Berpidato

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Sejarah Indonesia penuh dengan cerita unik dan cukup menarik. Termasuk dengan cerita heroiknya, kisah tragis seperti usaha kudeta Gerakan 30S / PKI, kisah monumental seperti proklamasi kemerdekaan, serta banyak kisah unik lainnya yang perlu dibaca.

Berikut adalah beberapa kisah unik dan menarik yang dirangkum oleh Tim Penyelidik Selidiki.com:

Soepono, menteri pertama yang ditembak tentara Belanda

Pertarungan frontal melawan Belanda tidak hanya menimbulkan korban jiwa di antara rakyat biasa, tapi juga mengenai menteri di kabinet juga.

Seperti dikutip dari Sejarahri.com, Soepeno, Menteri Pembangunan dan Pemuda di Kabinet Hatta, adalah satu-satunya menteri yang dibunuh oleh Belanda.

Seorang tentara Belanda menunjukkan revolvernya ke mulut Soepono lalu menembaknya.

Insiden tersebut terjadi pada tanggal 24 Februari 1949, pagi di suatu tempat di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Saat itu, Soepeno dan ajudannya sedang mandi di pancuran air terjun.

Baca juga: Inilah Pertama Kalinya Wanita Arab Saudi Diperbolehkan Nonton Pertandingan Sepak Bola

Perintah pertama Presiden Soekarno adalah memesan sate ayam

Perintah pertama Presiden Soekarno ketika terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pertama bukan langsung menyuruh membentuk kabinet atau untuk menandatangani keputusan, namun untuk memesan sate ayam dari penjaja makanan di jalanan.

Hal itu dilakukan dalam perjalanan pulang setelah dirinya dinobatkan sebagai presiden. Dalam perjalanan pulang, Presiden Soekarno bertemu dengan seorang jajanan bertelanjang dada yang sedang berkeliling menjual sate.

“Lima puluh tusuk sate ayam, tolong!” Perintah Presiden. Setelah sate dimasak, Presiden menyantap satenya dengan penuh semangat di dekat selokan.

Permintaan tersebut menjadi tatanan presiden pertama untuk rakyatnya, sekaligus sebagai perayaan pertama pengangkatannya sebagai pemimpin lebih dari 70 juta orang di sebuah negara besar satu hari.

Perdana Menteri yang meninggal di luar negeri diberi nama Pahlawan Nasional

Sutan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Republik Indonesia, adalah salah satu orang Indonesia dengan prestasi luar biasa yang akan sulit dicocokkan.

Ketika dia meninggal pada tahun 1966 di Zurich, Swiss, statusnya masih menjadi tahanan politik. Tapi saat dimakamkan di Jakarta beberapa hari kemudian, statusnya berubah sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

Indonesia pernah bermain di Piala Dunia atas nama Hindia Belanda

Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di Indonesia, namun tim nasionalnya belum pernah memenangkan Piala Dunia FIFA.

Namun, Indonesia bermain di Piala Dunia 1938, dan tidak membawa bendera Indonesia, namun Hindia Belanda.

Meski Indonesia memiliki populasi terpadat keempat di dunia dan Brasil di urutan ke-5, namun prestasi sepak bola kedua negara jauh berbeda.

Satu-satunya negara yang telah meninggalkan dan bergabung kembali dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Indonesia adalah satu-satunya negara yang pernah meninggalkan PBB dan kemudian bersatu kembali.

Bergabung pertama kali pada tahun 1950 sebagai anggota ke-60 PBB, Indonesia menarik keanggotaannya pada tahun 1965.

Baca juga: Djarot Angkat Bicara Terkait Kasus Perceraian Ahok, Apa Yang Terjadi ?

Soekarno, Presiden Indonesia saat itu sangat marah dengan keputusan PBB untuk mengakui kedaulatan Malaysia dan menjadikan Malaysia sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Kemudian Soekarno mendirikan CONEFO (Konferensi Negara-negara Blok Baru) sebagai mitra PBB.

Sebelum meninggalkan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Soekarno menyampaikan pidato singkat di Majelis Umum PBB yang meminta agar badan dunia dipindahkan ke markas besar di luar Amerika Serikat.

Namun pada tanggal 28 September 1966, Indonesia kembali menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Keputusan diambil karena pemerintah mengetahui banyak manfaatnya dengan menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Itulah beberapa kisah menarik dan unik tentang sejarah Indonesia. Bagikan ke teman dan kerabatmu di facebook yah.

Baca juga: Fajri M Kasim : Referendum dan UUPA Adalah Sejarah Penting Bagi Aceh dan Indonesia

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!