Sosok

Selidiki Sosok Gatot Nurmantyo, Mantan Panglima TNI yang Luar Biasa

Selidiki Sosok Gatot Nurmantyo

SELIDIKI.COM – Jenderal TNI Gatot Nurmantyo lahir di Tegal, Jawa Tengah, 13 Maret 1960 dan saat ini beliau berusia 57 tahun adalah sosok mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (2015-2017).

Sebelumnya, Gatot merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-30 yang mulai menjabat sejak tanggal 25 Juli 2014 setelah ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Jenderal TNI Budiman.

Ia sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Letnan Jenderal TNI Muhammad Munir.

Namun, pada bulan Juni 2015, beliau diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Panglima TNI, menggantikan Jenderal Moeldoko yang memasuki masa purna baktinya.

Gatot bersama tokoh pemerintahan lainnya beserta para aktivis sosial bergabung dalam aksi untuk mendukung toleransi beragama selama periode unjuk rasa di Jakarta pada bulan November 2016.

Bersama dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kapolri Tito Karnavian dan aktivis Islam seperti Yenny Wahid, mereka menggalang dukungan untuk persatuan antar agama sebagai penyeimbang dari aksi unjuk rasa yang digelar sebelumnya terhadap Gubernur DKI Jakarta beragama Kristen keturunan Tionghoa, Basuki Tjahaja Purnama yang diwarnai elemen intoleransi dan Sinofobia.

Baca juga: Tenyata Ini Alasan Jokowi Ganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan KSAU Hadi Tjahjanto

Kehidupan Pribadi dan Karir

Gatot dilahirkan di Tegal, Jawa Tengah. Ia menikah dengan Enny Trimurti dan  memiiki 3 orang anak.

Gatot Nurmantyo merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1982, dan berpengalaman di kecabangan infanteri baret hijau Kostrad.

Gatot Nurmantyo juga pernah menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklat), Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya dan Gubernur Akademi Militer.

Di bidang lainnya, Gatot juga menjabat sebagai Ketua Umum PB FORKI periode tahun 2014 hingga 2018.

Hebat dan luar biasa kan, bagaimana menurutmu sosok kita kali ini?

Baca juga: Gatot Nurmantyo, Agus Yudhoyono, dan Anies Baswedan Diprediksi akan Bersinar Namanya Tahun 2024

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!