Kesehatan

Gaya Hidup yang Perlu Diubah Jika Anda Penderita Hipertensi

Cara Cegah Hipertensi

SELIDIKI.COM – Pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) disarankan untuk selalu minum obat antihipertensi secara terus menerus, yang diresepkan oleh internis.

Ini bukan tanpa alasan karena obat antihipertensi bekerja untuk menurunkan, mengontrol tekanan darah, dan mencegah peningkatan tekanan darah penderita hipertensi.

Tidak hanya itu, menurut dr. Abdul Haris Tri Prasetyo, Sp.PD, seorang internis, dosis obat yang diberikan sebaiknya tidak dilakukan sembarangan karena dosis pengobatan yang berlebihan dikhawatirkan akan mempengaruhi organ tubuh seperti ginjal atau hati.

Baca juga: Cara Bersihkan Kulit Berminyak dengan Cuka

Meskipun Anda telah menggunakan obat antihipertensi secara teratur, pengobatan semacam itu tidak akan banyak membantu jika gaya hidup Anda masih berisiko menaikkan tekanan darah.

Karena itu, ada beberapa gaya hidup yang harus Anda ubah. Berikut beberapa upaya pencegahan yang bisa Anda praktikkan:

1. Pertahankan berat badan menjadi ideal. Meski Anda tidak bisa mencapai berat badan ideal, namun penderita hipertensi dengan masalah obesitas dianjurkan untuk fokus pada menurunkan berat badan. Kehilangan berat badan 4,5 kg saja bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan sehingga bisa mencegah hipertensi.

2. Menjaga diet dengan menghindari makanan yang mengandung banyak kolesterol seperti makanan yang digoreng, makanan yang mengandung garam dan mono sodium glutamat (MSG). Sebagai pengganti, Anda dianjurkan untuk makan banyak sayuran dan buah berserat seperti brokoli dan alpukat.

3. Tingkatkan frekuensi latihan, terutama yang aerobik seperti jalan cepat 30 menit setiap hari. Hindari latihan yang bisa mengakibatkan tekanan darah meningkat seperti angkat besi dan bela diri.

4. Hindari merokok dan alkohol karena merokok dan alkohol bisa memicu tekanan darah tinggi. Alasannya adalah bahwa bahan kimia beracun pada rokok yang masuk aliran darah menyebabkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) yang meningkatkan tekanan darah dan memaksa jantung Anda bekerja lebih keras. Sementara alkohol menyebabkan peningkatan kadar kortisol, volume darah merah dan viskositas darah yang dengan mudah menaikkan tekanan darah.

Baca juga: Zaskia Gotik Ungkap Rahasia Hidup Sehatnya, Beginilah Caranya

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!