Health & Fitness

Rachel Vennya Ajak Masyarakat Lakukan Vaksinasi Difteri Via Vlog-nya

selebgram rachel vennya ajak masayarakat suntik vaksin difteri selidikinews

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Melalui Video Blog (Vlog), Selebriti instagram Rachel Vennya mengajak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi difteri.

Dalam sebuah video yang diunggah di saluran YouTube Rachel & Niko, seorang ahli medis bernama dr. Nabila diundang ke rumah Rachel untuk memberikan vaksin difteri kepada beberapa kerabat, keluarga dan pembantu rumah tangganya.

“Difteri disebabkan oleh bakteri yang bisa disembuhkan dengan antibiotik dan serum anti-difteri, namun untuk mencegah agar tidak terinfeksi terlebih dahulu, vaksin difteri adalah suatu keharusan,” kata dr. Nabila, seperti dikutip dari vlog Rachel, Minggu (31/12/2017).

Baca juga: Apa itu Difteri, Penyebab Difteri, Bagaimana Mengobati dan Mencegahnya?

Dr. Nabila menjelaskan, gejala difteri hampir mirip dengan gejala peradangan, seperti demam, sakit tenggorokan, dan nyeri saat menelan. Tapi ada satu karakteristik difteri, yaitu lesi putih yang mengisi membran tenggorokan yang bila tidak diobati akan menyebabkan tenggorokan membengkak seperti gondok.

“Anda bisa terkena difteri dari air liur, misalnya jika berbagi makanan, bersin, dan berciuman,” kata Nabila.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk anak-anak maupun orang dewasa untuk divaksinasi.

Seperti diketahui baru-baru ini, wabah difteri kembali terjadi di Indonesia.

Data WHO

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada periode 2000-2015 Indonesia telah masuk dalam daftar 10 negara dengan penyebaran difteri terbesar di dunia.

Kementerian Kesehatan tahun 2017 juga telah memetakan enam wilayah di Indonesia dengan tingkat kasus difteri tertinggi: Jawa Timur (271 kasus), Jawa Barat (95 kasus), Banten (81 kasus), Aceh (76 kasus), Sumatera Barat ( 20 kasus), dan Jakarta (16 kasus).

Dari kasus tersebut, 18 persen dialami oleh 19-40 tahun (orang dewasa), meski rentang usia terbesar untuk difteri adalah 1-18 tahun.

Saat ini pemerintah dengan Program Difteri Diferensiasi Imunisasi Difteri (ORI Difteria) hanya memberikan vaksinasi gratis untuk rentang usia 1-18 tahun.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kesehatan Tulang, Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!