Nasional

Irwandi Yusuf Masuk Daftar 10 Gubernur Terpopuler 2017

Irwandi Yusuf Masuk Daftar 10 Gubernur Terpopuler 2017

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Kinerja dan kiprah kepala daerah tak pernah lepas dari sorotan media. Indonesia Indicator  sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI) mencatat 10 bupati, wali kota, dan gubernur yang paling banyak muncul (terpopuler) dan banyak memberikan pernyataan (tervokal) pada 1.909 media daring di Indonesia selama 2017.

Begitu juga dengan sosok Gubenur Aceh Irwandi Yusuf yang dikenal jago terbangkan pesawat ternyata masuk dalam daftar 10 Gubenur terpopuler selama tahun 2017, beriku hasil riset dari sumber terpecaya.

Baca Juga : Perakit Helikopter Aceh Kirim Surat Terbuka Untuk Irwandi Yusuf

Hasil riset juga mencatat sepuluh nama gubernur/wagub terpegah sepanjang 2017, di antaranya diisi oleh para gubernur dari wilayah Jawa, Sumatra, dan Sulawesi Selatan.

Terutama, wilayah yang akan menjalani pilkada di 2018, serta penyelenggaraan Asian Games.

Berturut-turut nama mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (17.909 berita), Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi (15.622 berita), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (15.047 berita), Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (13.796 berita), Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (13.118 berita), Gubernur Riau Arsyajuliandi Rachman (10.841 berita), Gubernur Jawa Timur Soekarwo (10.567 berita), Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (9630 berita), Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (8964 berita), dan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf (7631 berita).

Baca Juga : Irwandi Yusuf Ingin Dirikan Sekolah Pilot di Aceh

Media memframing Ganjar Pranowo dengan sentiment positif netral sebesar 71% dan sentiment negative sebesar 29%. Dari sisi konsistensi, sentiment negatif terbesar ini hanya terjadi di bulan Maret 2017, sementara bulan-bulan lainnya didominasi oleh sentiment positif. Peningkatan ekspos Ganjar taklepas dari isu pilgub.

Gubernur Tervokal 2017, menurut Rustika, ditempati oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Ia menjadi figur gubernur yang terbanyak dikutip pernyataannya oleh media. Menyusul urutan berikutnya adalah Ganjar Pranowo, Tengku Erry Nuradi, Deddy Mizwar, Zumi Zola, Soekarwo, Saifullah Yusuf, Alex Noerdin, Syahrul Yasin Limpo, serta Made Mangku Pastika.

Dalam hal framing pemberitaan, ungkap Rustika, Ahmad Heryawan didominasi oleh sentimen netral positif sebesar 87 persen, dan sentiment negatif sebesar 13 persen.

Baca juga: Tahun 2017 Netizen Indonesia Ternyata Banyak yang Ingin Jadi Selebgram, YouTuber, dan Blogger

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!