Kesehatan

Cara Bersihkan Kulit Berminyak dengan Cuka

Cara bersihkan kulit berminyak

SELIDIKI.COM – Banyak orang mengatakan bahwa memiliki kulit berminyak itu sangat merepotkan. Tapi dengan kesabaran dan perawatan kecantikan rutin, wajah berminyak bisa terlihat bersih, cerah dan mempesona. Dengan rutin melakukan perawatan dengan menggunakan ramuan alami seperti cuka.

Cuka, yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk memasak makanan, ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Pemilik kulit berminyak bisa menggunakan masker cuka untuk mengurangi produksi minyak di wajah, sekaligus mengurangi terjadinya jerawat.

Tujuan pengelupasan alami dengan menggunakan cuka adalah dengan mengangkat sel kulit mati, menghilangkan kotoran yang menyumbat kulit dan menyebabkan jerawat, memperlancar aliran darah ke wajah, membuat wajah terlihat lebih putih dan cerah.

Manfaat cuka lainnya adalah membuka pori-pori wajah sehingga krim kecantikan seperti pelembab, masker, dan serum wajah bisa merembes sempurna ke kulit wajah.

Cara melakukan perawatan ini cukup mudah, yaitu dengan cuka sari apel atau cuka putih.

Baca juga: Kebesaran Allah Pada Bella

Wajah yang sudah dibersihkan dengan sabun pembersih wajah, lap kering, lalu rendam saputangan dengan air cuka, lalu peras tapi jangan terlalu kering.

Letakkan sapu tangan yang terendam cuka ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Bila kulit sensitif, campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1: 1.

Campur 200 ml air dan 200 ml cuka. Atau bisa juga membekukan air cuka untuk memberi efek pendinginan.

Untuk hasil maksimal bisa melakukan perawatan setiap malam sebelum tidur selama dua sampai tiga minggu. Produksi minyak di wajah akan berkurang, sehingga jerawat tidak lagi mudah untuk muncul.

Menurut Edwina Rahmayanti, seorang ahli herbal, penggunaan cuka sebagai pengobatan harus lebih berhati-hati. Karena cuka di pasaran mengandung bahan kimia sintetis, rasa takut akan menyebabkan luka pada kulit.

Zat sintetis yang terkandung dalam cuka dapat menyebabkan kulit terkelupas, radang dan terbakar.

Namun, jika menggunakan cuka apel atau cuka dengan bahan non-sintetis cukup aman untuk digunakan.

Selain itu, untuk penggunaan cuka aman, maka cairan cuka harus dicairkan lagi dengan air bersih agar tidak terlalu tebal sebelum digunakan sebagai masker cuka.

Baca juga: Rachel Vennya Ajak Masyarakat Lakukan Vaksinasi Difteri Via Vlog-nya

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!