Good Food

Makanlah Makanan Ini untuk Mengurangi Stres Anda

Makanan mengurangi stres AndaMakanan mengurangi stres Anda

SELIDIKI.COM – Stres adalah pembunuh sejati dalam hidup dan mempengaruhi begitu banyak orang setiap tahun. Namun, ada beberapa makanan yang sebenarnya bisa memiliki efek untuk mengurangi stres Anda.

Makanan menenangkan ini tidak hanya membantu Anda dalam menjaga emosi Anda, makanan ini juga bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan kecemasan Anda.

Ahli gizi Deepti G Dua, dari Clinic Gurugram Mutation Clinic Clinic, India, menyarankan beberapa makanan yang bisa mengurangi stres Anda diantaranya:

Susu

Susu diperkaya dengan sumber vitamin D yang sangat baik, nutrisi yang bisa meningkatkan kebahagiaan.

Ada hubungan antara penurunan kadar vitamin D dengan meningkatnya risiko panik dan depresi pada pria dan wanita. Jadi konsumsi susu bisa membantu mengurangi depresi dan kecemasan Anda.

Sayuran Berdaun Hijau

Saat makan siang, junk food menjadi godaan tersendiri. Namun, Anda harus menyingkirkan keinginan untuk makan junk food dan memilih sayuran berdaun hijau seperti bayam yang mengandung folat, yang menghasilkan dopamine, bahan kimia yang merangsang kesenangan otak dan membantu Anda tetap tenang.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kesehatan Tulang, Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Oatmeal

Oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang menyebabkan otak memproduksi serotonin, zat kimia yang baik. Oatmeal juga memiliki khasiat antioksidan. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang makan oatmeal untuk sarapan pagi, bisa bekerja dengan baik sepanjang hari.

Teh hijau

Meski mengandung kafein, teh hijau juga memiliki asam amino yang disebut theanine. Selain perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, teh hijau juga merupakan pendorong kinerja otak yang hebat, sehingga meningkatkan performa mental. Untuk itu sangat dianjurkan untuk minum dua gelas sehari demi kesehatan anda.

Asparagus

Folat tinggi, penting untuk membuat Anda tetap segar.

Alpukat

Alpukat kaya glutathione, zat yang secara khusus menghambat penyerapan usus dari lemak tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Selain itu,  Alpukat mengandung lutein, beta-karoten, vitamin E, dan lebih banyak folat dibanding buah lainnya. Penyajian tunggal (sekitar seperempat alpukat) mengandung banyak vitamin B juga.

Blueberry

Buah ini memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi dan juga terkait dengan semua jenis hasil kesehatan positif, termasuk kognisi yang lebih tajam. Semua jenis buah beri, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry, kaya akan vitamin C, yang sangat membantu melawan stres.

Jambu mete

Jambu mete adalah sumber seng yang sangat baik. Tingkat seng rendah telah dikaitkan dengan kecemasan dan depresi. Karena tubuh kita tidak memiliki cara untuk menyimpan seng, penting untuk mendapatkannya setiap hari.

Cokelat

Selain pilihan yang lebih sehat, coklat juga membantu untuk menenangkan diri. Cokelat bahkan disebut sebagai “obat anti stres terbaru”.

Sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa baik wanita maupun pria harus makan lebih banyak coklat saat gejala depresi meningkat. Cokelat hitam, khususnya jika dikonsumsi secukupnya, memang membuat Anda merasa lebih baik.

Baca juga: Zaskia Gotik Ungkap Rahasia Hidup Sehatnya, Beginilah Caranya

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!