Health & Fitness

Jenis Tumor Otak ini Seringkali Terjadi pada Wanita

Jenis Tumor Otak

SELIDIKI.COM – Ahli saraf dr. Johan Akbari SPS, SH, MARS mengatakan bahwa wanita harus menyadari satu jenis tumor otak yang disebut Meningioma, karena jenis tumor otak ini biasa terjadi pada wanita.

Meningioma adalah tumor yang muncul pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang (meninges).

Dr Johan mengatakan, Meningioma adalah kasus tumor otak yang paling umum, yaitu sebanyak 39,26 persen kasus.

“Jadi jika jinak, tumor sering tumbuh besar, itu juga umum terjadi pada wanita karena faktor hormonal, biasanya pada orang berusia 30-50 tahun,” kata Dr. Johan, dalam acara Support Group Community Cancer Information and Support Center (CISC) di Jakarta.

Dr Johan mengatakan, ada beberapa penyebab lain terjadinya tumor otak, termasuk virus herpes dan human papilloma, hereditas atau genetik dan radiasi akibat proses penyembuhan kanker.

Penyebab lainnya adalah zat karsinogenik, seperti konsumsi makanan yang diawetkan.

“Orang yang menderita Meningioma juga biasanya sangat mudah emosional, marah, karena ada tekanan pada lapisan otak dan menyebabkan pembengkakan,” dr. Kata Johan.

Baca juga: Makanlah Makanan Ini untuk Mengurangi Stres Anda

Dr Johan menjelaskan, tumor otak memiliki dua khasiat yaitu jinak dan ganas (kanker).

Dr Johan mengatakan, tumor otak muncul di dalam tengkorak, yang pada dasarnya sempit dan dilapisi dengan membran tipis otak.

Bila ada gangguan, salah satunya akan berakibat tekanan dari tumor dan menyebabkan luka pada otak, seperti pembengkakan.

“Otak itu seperti tahu, kenyal, terletak di ruangan tertutup dengan tengkorak dan tidak bisa menumbuhkan volume sehingga perawatan suportif bisa dilakukan dengan sinar kepala, CT Scan and Magnetic Resonance Imaging (MRI),” tambahnya.

Baca juga: Kenali Diabetes, Penyakit ‘Bang Napi’ Sebelum Meninggal

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!