Daerah

Haji Uma Prihatin dengan Kondisi Jalan Makam Cut Mutia Hingga Bantu Gotong-Royong Bersama

Haji Uma Selidiki News Gotong Royong Jalan Makam Cut Meutia

SELIDIKI.COM, LHOKSEUMAWE – H. Sudirman atau yang lebih akrab disapa dengan nama Haji Uma Eumpang Breuh ikut prihatin dan membantu pembersihan jalan menuju makam Cut Meutia Pahlawan Nasional, Senin (25/12/2015).

Jalan menuju makam Cut Meutia selama ini memang luput dari perhatian. Jika dibandingkan dengan kondisi jalan menuju makam Pahlawan Nasional lainnya di Nusantara, makam Cut Meutia hampir tidak bisa dijamah.

Hal tersebut disebabkan oleh hutan dan longsor, belum lagi jalan yang licin dan berlumpur.

“Jika hujan tiba sudah dapat dipastikan jalan menuju makam Cut Meutia tidak dapat dilalui sama sekali”, jelas Haji Uma dengan nada pilu.

Menurutnya, pembersihan jalan menuju makam Cut Meutia sepanjang 23 Km dari Gampong Alue Rime Kec. Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara, masyarakat setempat telah mendapatkan satu unit alat berat (beko) yang dipinjamkan oleh Pemkab Aceh Utara.

Namun, masyarakat kembali terkendala dengan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 2 ton untuk dioperasikan, dalam hal ini Haji Uma pun ikut membantu seluruh kebutuhan BBM yang diperlukan.

Walaupun sebelumnya masyarakat hanya meminta kepada Haji Uma untuk dibantu 1 ton bahan bakar dan sisanya akan diupayakan melalui pihak lain.

“Saya merasa prihatin tidak seharusnya kondisi ini luput dari perhatian kita semua. Cut Meutia adalah Pahlawan Nasional dan syuhada, tidak seharusnya jalan menuju makam beliau kondisinya seperti ini”, ujar Haji Uma.

Kondisi yang sama turut diberitakan oleh media pada tanggal 10 November 2017 prajurit di jajaran Kodim 0103 Aceh Utara, dan personel Polres Aceh Utara, Menwa Unimal serta masyarakat menembus hutan belantara untuk mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di Makam Cut Meutia di kawasan hutan lindung Gunong Lipeh, Pirak Timu, Aceh Utara.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Prajurit Aceh Rela Masuk Hutan demi Upacara di Makam Cut Meutia

“Kita jangan melupakan sejarah, jasa para pahlawan sangat besar dalam memperjuangkan negeri ini, jika kondisi aksesnya seperti ini bagaimana masyarakat berziarah? oleh karena itu mari sama-sama kita berbuat untuk syuhada Almarhumah Cut Nyak Meutia”, tegas Haji Uma Kepada Tim Penyelidik Selidiki.com, Selasa (26/12/2017)

Pembersihan jalan menuju makam Cut Meutia juga bermanfaat bagi masyarakat yang berkebun di sepanjang jalan menuju makam Cut Meutia, selama ini ada puluhan hektar sawit masyarakat yang siap panen namun sulit untuk dipetik hasilnya karena kondisi jalan yang sangat memprihatinkan.

Masyarakat setempat sangat berharap jalan menuju makam Pahlawan Cut Meutia menjadi perhatian Pemerintah untuk pembangunan yang lebih layak.

Baca juga: Haji Uma Sambut Jenazah Zulfadli di Kualanamu dan Ikut Pemulangan ke Aceh Utara

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!