Daftar Top 10

10 Peringkat Pasukan Khusus Terbaik di Dunia Tahun 2017, Indonesia?

Kopasus Indonesia

SELIDIKI.COM – Pasukan khusus adalah unit militer yang menjalani pelatihan ekstrim dalam kesiapan untuk melakukan misi yang berbahaya untuk tujuan keselamatan suatu negara.

Sejarah pasukan khusus dikaitkan dengan model tempur Brandenburgers Jerman selama Perang Dunia II. Saat ini, hampir di semua negara membentuk satuan Pasukan Khusus.

10 peringkat terbaik Pasukan Khusus yang diakui di dunia mempertimbangkan keterampilan dan pengalaman. Tujuan utama mereka adalah untuk mendapatkan taktik terbaik dalam menghadapi situasi keamanan yang tidak mungkin atau mustahil menjadi mungkin untuk di kendalikan.

Siapa saja mereka, berikut inilah Pasukan Khusus terbaik di seluruh dunia pada tahun 2017.

10. MARCOS, India

markos india

MARC0S (Marine Commando Force) adalah unit operasi elit khusus Angkatan Laut India. Kelompok ini sengaja didirikan untuk melakukan operasi khusus seperti kontra-terorisme, penyelamatan sandera, perang asimetris, proliferasi kontra, pengintaian, dan lainnya. Skuad terlatih ini dilengkapi dengan persenjataan khusus untuk melakukan operasi di wilayah perairan.

Baca juga: 10 YouTuber dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2017

9. GIS, Italia

 gis italy

Gruppo di Intervento Speciale adalah elit khusus di dalam militer Carabinieri Italia. Pasukan tersebut selalu dilibatkan dalam operasi khusus penanganan terorisme. Alasan dibalik penciptaan GIS adalah meningkatnya ancaman terorisme pada tahun 1978. Unit ini populer di seluruh dunia karena keahlian menembaknya yang tajam. Saat ini, jumlah anggota satuannya memiliki sekitar seratus tentara dan bertanggung jawab atas operasi radikalisme di Italia

8. EKO Cobra, Austria

eco cobra austria

Einsatzkommando Cobra a.k.a EKO Cobra adalah unit taktis khusus anti teroris utama Austria. Unit ini dibentuk pada tahun 1978 sebagai respon atas serangan terhadap atlet Israel pada tahun 1972 di Olimpiade Munich. Meskipun namanya sudah populer, namun kesatuan ini sangat dirahasiakan oleh negaranya.

Kecepatan dan kesigapannya dalam perang kota sangat menakjubkan. Salah satu operasi terbaik yang dikenang kelompok ini adalah penyanderaan penyanderaan pada tahun 1996 di Penjara Graz-Karlau. Kelompok ini dianggap sebagai salah satu counter-teror terbaik. Pembajakan pesawat merupakan spesialisasi kemampuan dari satuan negara Austria tersebut.

Hati-Hati, Ternyata Begini Cara Menyadap WhatSapp Teman Atau Pasangan Anda

7. GIGN, Prancis

 gign france

Kelompok Intervensi Gendarmerie Nasional, GIGN, adalah unit operasi khusus di Angkatan Bersenjata Prancis. Squad ini merupakan unit super terlatih yang biasa melakukan misi penyelamatan dari teror di Prancis atau di manapun di seluruh dunia jika diminta. Unit ini atas anti antisipasi dari pembantaian Munich selama pertandingan Olimpiade 1971 dan  juga untuk mengantisipasi ketika ada kejadian serupa di masa depan. GIGN terkenal dengan kemampuan tempur dan respons cepatnya yang sigap dalam melakukan operasi teror dan misi penyelamatan sandera.

6. SSG, Pakistan

Special Service Group adalah unit khusus dari pasukan Angkatan Darat Pakistan. Kekuatan ini disamakan dengan SAS Angkatan Darat Inggris dan Pasukan Khusus Angkatan Darat A.S. Unit ini dibentuk pada tahun 1956 dan dilatih secara khusus untuk melakukan operasi Asymmetric Warfare, Counter-Proliferation, Special Operations, Foreign Internal Defence, Hostage Rescue, dan Anti-Teroris di dalam dan di luar perbatasan Pakistan. SSG juga dikenal oleh banyak orang sebagai “Black Storks”, sebuah nama yang berasal dari kemunculan tutup kepala unik mereka. Kesan berani adalah karakter yang menempel sangat kuat pada kesatuan ini. Statement salah satu presiden Rusia saat itu pernah mengatakan bahwa “jika saja dia bisa mendapatkan tentara Pakistan dan senjata Rusia, maka dia pasti akan menaklukkan dunia”. Dia menegaskan bahwa pasukan Pakistan sangat berani.

Baca juga: 10 Jet Tempur Tercanggih Abad Ini

5. JW GROM, Polandia

jw grom poland

Jednostka Wojskowa GROM adalah pasukan khusus anti teror elit Polandia. Didirikan pada tanggal 13 Juli 1990, dalam upaya untuk menanggapi ancaman teroris. istilah GROM berarti “guntur” seolah memberikan pesan kepada para musuh-musuhnya betapa mematikannya unit ini.  JW GROM adalah salah satu dari lima sub operasi pasukan khusus yang terkenal dari Angkatan Bersenjata Polandia yang aktif. Prajurit di unit ini dilatih khusus untuk menanggapi peperangan yang tidak konvensional dari  berbagai ancaman, termasuk tindakan anti-teroris dan pemberontakan.

4. GSG 9, Jerman

 

gsg 9 german

Kontra-terorisme Jerman, GSG 9 adalah kekuatan khusus Polisi Federal Jerman yang dibuat pada tahun 1973. Unit ini didirikan untuk membantu Polisi reguler Jerman yang memberlakukan pembebasan atlet Israel yang diculik di Munich selama kompetisi Olimpiade. Skuad ini dilatih dan dikenal dengan keterampilan yang sempurna dalam menangani operasi penculikan, terorisme, penyanderaan, dan pemerasan. Satuan ini juga melibatkan pelacakan pelarian, target penetralisir, pengamanan lokasi, dan operasi penembak jitu. Sejak tahun pendirian sampai saat ini, unit ini telah menyelesaikan lebih dari 1.500 misi.

3. Delta Force, Amerika Serikat

delta force united states

Pernah nonton film Delta Force I?  Mungkin dulu film ini menggambarkan operasi yang sedikit berlebihan. Tapi tidak sekarang, Squad Delta Force kini mengalami pelatihan yang sangat berat dan juga dilengkapi persenjataan perang yang modern. Detasemen Operasi Khusus Angkatan Pertama – Delta, yang dikenal sebagai Delta Force didirikan pada tahun 1997 setelah AS menerima banyak ancaman terorisme dan insiden. Hal ini juga disamakan dengan British 22 Special Air Service dan SAS. Delta Force diberi tanggung jawab untuk melawan terorisme dari kelompok yang sangat serbaguna yang dapat menyebabkan ancaman keamanan atau serangan. Oleh karena itu, misi klandestin untuk kekuatan ini termasuk yang paling populer namun sekarang unit ini tidak terbatas pada penggerebekan dan penyanderaan saja.

2. Navy SEALs, United States

navi seal nited states

Navy SEALs juga dikenal sebagai Laut Angkatan Laut Amerika Serikat. Jika ditelusuri asal usul unit ini didirikan ketika Perang Dunia ke II. SEAL terdiri dari anggota laki-laki Angkatan Laut Amerika Serikat. Ini adalah pasukan paling elit AS atau Combatants Warfare khusus. Pendiriannya terkait dengan tahap awal perang Irak dan Afghanistan. Skuad ini sering bekerja sama dengan CIA dan berhasil menemukan, menangkap, dan Membunuh musuh lama Amerika Serikat yaitu Osama Bin Laden.

1. SAS, Inggris

 sas united kingdom

SAS, Special Air Service, adalah Pasukan Khusus terbaik dan paling elit di Inggris. Unit ini dibentuk pada tahun 1941 selama Perang Dunia II. satuan ini telah menjadi rule model bagi sebagian besar Pasukan khusus di seluruh dunia. Pada awalnya unit ini merupakan bagian dari TA yang terkenal, Tentara Teritorial dan kemudian dinamai batalion ke 21 pada tahun 1941. Popularitasnya meningkat di seluruh dunia setelah berhasil menyerang Kedutaan Besar Iran dan menyelamatkan para sandera di London selama Pengepungan Kedutaan Iran tahun 1980. Unit saat ini terdiri dari dua resimen teritorial dan satu resimen reguler. Tugas utama dari unit tersebut adalah operasi khusus di masa perang dan anti terorisme.

Sayangnya menurut  Global Fire power Index (GFI) militer kita baru menempati masuk 15 besar di dunia.

Kita doakan di bawah panglima TNI baru, Hadi Tjahjanto mudah-mudahan satuan elit kita bisa tambah maju dan berada di sepuluh besar daftar peringkat Pasukan Khusus terbaik dunia.

Baca juga: 10 Makhluk Paling Berbahaya Di Muka Bumi

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!