Internasional

Kebakaran Terus Meluas, Pemerintah California Desak Warga Mengungsi

SELIDIKI.COM, CALIFORNIA – Kebakaran hebat di sebelah selatan California  makin meluas secara signifikan, menghanguskan area melebihi luas kota New York.

Dilansir dari BBC, Senin (11/12/2017), api di Ventura dan Santa Barbara telah menghancurkan lahan seluas 93.000 ha selama sepekan.

Hembusan angin kencang juga menjadikan kebakaran tersebut sebagai kebakaran hutan terlima terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah negara bagian California, Amerika Serikat.

Kemarin terjadi lagi, hingga membuat warga melarikan diri pada hari Minggu. Angin membuat nyala api semakin membesar mengipasi hutan tua di ngarai dan di sepanjang lereng bukit menuju kota-kota pesisir.

Kru dengan bantuan dari pesawat yang mengangkut armada air dan helikopter mencoba menyelamatkan rumah-rumah pemukiman yang masih tersisa.

Helikopter menyiram air

Sebuah helikopter menjatuhkan air saat berusaha menjauhkan api dari lompatan Santa Ana Road dekat Ventura, California, 9 Desember 2017.

Hembusan angin yang kencang membuat kobaran api lebih melebar ke daerah perbukitan di barat laut Los. Pemerintah setempat melakukan evakuasi setelah sebuah gumpalan asap besar di dekat Montecito dan Carpinteria sudah mulai mendekat.

Daerah di tepi pantai di Santa Barbara County yang  juga telah mendapat perintah evakuasi karena penduduknya sudah mulai  terserang asap.

Baca juga: Kebakaran Hutan Terjadi Lagi, Asap Tebal Gelapkan Sebagian Wilayah Aceh

“Angin bertambah besar sekarang,” kata juru bicara kebakaran county Mike Eliason.

“Beberapa gumpalan asap langsung naik ke udara, dan yang lainnya menyambar ke samping. Tergantung pada lembah apa yang kita masuki.”

Departemen tersebut memposting foto salah satu kediaman yang dilalap api. Tidak jelas apakah bangunan lain terbakar. Ribuan rumah dan bisnis di daerah itu habis  tanpa sisa.

california hangus terbakar

Sebuah rumah terbakar pada hari Minggu pagi, 10 Desember 2017, di Gobernador Canyon Road di Carpinteria, California.

Udara  dipenuhi asap tebal, bahkan penduduk daerah yang tidak berada di bawah perintah evakuasi mengambil kesempatan untuk pergi, karena khawatir penutupan lain di A.S. 101, jalan raya utama yang ditutup sementara minggu lalu.

Pemerintah Desak Warga Mengungsi

Petugas membagikan masker kepada penduduk yang tinggal di Montecito, daerah pemukiman komplek perbukitan yang merupakan rumah bagi selebritis seperti Oprah Winfrey, Jeff Bridges dan Rob Lowe.

“Rumah kami terancam terbakar,” tweet Ellen DeGeneres  pada tengah hari Minggu.

“Kami hanya bisa mengevakuasi hewan peliharaan kami, saya berdoa untuk semua orang di komunitas kami dan berterima kasih kepada semua petugas pemadam kebakaran yang bekerja dengan  luar biasa.”

Kebakaran california

Asap dari Skirball Fire naik di atas jalan bebas hambatan 405 di dekat area Bel-Air di Los Angeles, 6 Desember 2017

Beberapa mil ke barat, Santa Barbara Zoo ditutup untuk umum dan 500 hewannya diungsikan di rumah pengungsian setempat. Kebun binatang itu berada tepat di luar area evakuasi, namun asap dan abu terus bertiup melalui lahan seluas 30 hektar itu.

Badan Prakiraan Cuaca setempat mengatakan angin Santa Ana yang memadamkan api di seluruh wilayah pekan lalu akan terus berlanjut di beberapa daerah setidaknya sampai Senin.

Risiko kebakaran yang tinggi diperkirakan akan berlangsung hingga Januari. Gubernur serta para ahli mengatakan bahwa perubahan iklim menjadikan bencana ini sebagai ancaman musibah sepanjang tahun.

california terbakar selidikinews

Pemadam kebakaran memadamkan api kecil saat mereka mencoba menahan laju Api  Thomas yang terus menyala di Ojai, California, 9 Desember 2017.

Secara keseluruhan, kebakaran tersebut telah menghancurkan sekitar 800 rumah dan bangunan lainnya.

Musibah ini juga menewaskan puluhan kuda dan memaksa lebih dari 200.000 orang melarikan diri dari api yang telah membakar lebih dari 270 mil persegi (700 kilometer persegi) sejak 4 Desember.

Api Ventura County juga terus membakar gunung-gunung di Hutan Nasional Los Padres. Kota Ojai termasuk yang mengalami tingkat bahaya asap paling parah.

South Coast Air Quality Management District menghimbau warga untuk tetap  tinggal di dalam rumah jika memungkinkan dan menghindari aktivitas luar yang kuat.

Saat kebakaran di wilayah Ventura dan Los Angeles, petugas pemadam kebakaran sudah berada di tempat di utara San Diego pada hari Kamis ketika sebuah kebakaran besar meletus dan menyebar dengan cepat di daerah Fallbrook, yang dikenal dengan kebun alpukat dan kandang kuda di perbukitan.

Baca juga: Dua Rumah Susun di Panton Labu Terbakar

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!