Inspirasi

Ini Kisah Jack Ma & Alibaba Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Jack Ma dan Jokowi Indonesia

Jack Ma Pernah Ditolak 30 Investor

Jack Ma DItolak Investor

Sebelumnya Ma pernah mengatakan bahwa di masa-masa awalnya Alibaba telah ditolak oleh sekitar 30 pemodal ventura. Beruntung, perusahaan ini kemudian menemukan investor utama, yakni CEO SoftBank Masayoshi Son.

Di tengah perjuangannya berbisnis di dunia online, datanglah periode kejatuhan industri dotcom. Ma pun terpaksa memberhentikan sejumlah pegawainya di seluruh dunia. “Alibaba bergeser dari tahap perluasan yang optimistis ke fase penurunan yang agak menyedihkan,” kata Erisman.

Alibaba Ecommerce

“Itulah satu-satunya saat dimana saya melihatnya meragukan dirinya sendiri, saat dia harus memberhentikan orang-orang. Saya sejenak berpikir bahwa dia bahkan bertanya-tanya apakah perusahaan itu akan bertahan,” kenang Erisman.

Itulah saat dimana Ma memahami bahwa menjadi CEO sangat berbeda dengan menjadi seorang guru bahasa Inggris. “Menjadi CEO berarti membuat keputusan sulit dan terkadang melakukan pengurangan agar perusahaan bisa bertahan,” lanjut Erisman.

Ma sudah memikirkan apa yang akan terjadi bagi masa depan Alibaba saat teknologi dan cara baru melakukan bisnis ditemukan.

“30 tahun ke depan, teknologi yang ada akan menantang banyak kesempatan kerja. Orang-orang sudah merasa tidak bahagia dengan banyaknya penggunaan mesin, kecerdasan buatan membunuh banyak pekerjaan,” kata Ma.

Di sisi lain, menurut Ma, teknologi baru juga akan membawa perbaikan dalam kehidupan masyarakat. Untuk mempersiapkan perubahan yang tak terelakkan, ketika teknologi seperti kecerdasan buatan dan mesin menjadi andalan, awal pekan ini Alibaba menyatakan akan menginvestasikan lebih dari US$15 miliar selama tiga tahun ke depan untuk penelitian dan pengembangan teknologi.

“Apa yang Alibaba ingin lakukan dalam 10-20 tahun ke depan adalah memungkinkan inovasi bisnis tradisional,” tutup Ma.

Laman: 1 2

Berita Populer

To Top