Entrepreneurship

Himpunan Mahasiswa Agribisnis UNIMAL Adakan Bina Desa di Alue Ie Mudek Aceh Utara 2018 Mendatang

* Dari Aceh Utara Irwanda Melaporkan

SELIDIKI.COM, ACEH UTARA – Himpunan Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh akan mengadakan  PKPP Bina Desa.

PKPP(Pekan Keprofesian Pengabdian Popmasepi) Bina Desa merupakan salah satu program kerja DPW 1 POPMASEPI bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh.

Kampus Unimal yang diberi amanah sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk membangun desa madani.

Kegiatan bina desa ini menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi.

Melalui program ini, diharapkan mahasiswa sosial, ekonomi, pertanian atau agribisnis dapat membantu warga desa untuk mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

Baca juga :Aneh, Usai Banjir Areal Pertanian Jadi Danau Berair Jernih

Pelaksanaan kegiatan bina desa  akan dilaksanakan pada bulan februari 2018 di Universitas Malikussaleh.

Kegiatan ini melibatkan seluruh  Mahasiswa Agribisnis yang tergabung dalam  POPMASEPI (Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia) Wilayah I Sumatera.

Desa yang menjadi target dan juga sasaran dalam acara PKPP Bina Desa ini yaitu Desa Alue Ie Mudek yang terletak di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara.

Baca Juga : Hujan Hampir Sepekan Petani Aceh Utara Terancam Gagal Panen

Desa ini memiliki memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan terutama komoditas pala yang menarik perhatian mahasiswa agribisnis dalam menciptakan inovasi-inovasi sehingga menjadikan desa ini menjadi salah satu desa yang potensial untuk dikembangkan.

Desa ini juga merupakan salah satu daerah yang dekat dengan objek wisata gunung salak maupun jalan lintas Aceh Utara – Bener Meriah.

Kegiatan bina desa ini tidak hanya terfokus pada kegiatan pertanian yang ada di desa tersebut. Didalamnya termasuk sosialisasi, interaksi serta komunikasi langsung mahasiswa dengan masyarakat setempat.

Dengan adanya acara bina desa ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pengelolaan komoditas pala menjadi produk olahan yang dapat meningkatkan pendapatan petani yang ada di desa tersebut.

Sasaran pada kegiatan ini bukan hanya masyarakat setempat dan juga kaum intelektual tetapi juga pemerintah. Sehingga diharapkan pemerintah dapat mengambil kebijakan-kebijakan yang mendukung masyarakat atau pun petani di desa tersebut.

Ahmad Amin, Ketua Panitia pelaksana PKPP Bina Desa kepada Selidiki.com mengatakan “Acara ini bisa menjadi wadah untuk mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa mahasiswa  itu ada dan mampu ikut serta dalam pembangunan desa. Menghilangkan anggapan bahwa mahasiswa hanya pandai mengkritik, namun tidak solutif”.

Tambahnya lagi “dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat membuktikan bahwa mahasiswa betul-betul berperan  untuk bergerak bersama rakyat demi mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya”.

Jaswandi, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Agribisnis juga mengatakan hal yang serupa kepada Selidiki.com tentang acara ini, “Dengan kehadiran mahasiswa ditengah masyarakat sangat diharapkan untuk bisa membawa perubahan baik bagi masyarakat maupun mahasiswa yang terlibat langsung dalam acara ini”.

“Disini juga akan ada ide-ide kreatif dari mahasiswa, apalagi  dilihat dari potensi sumberdaya yang ada bukan tidak mungkin masyarakat akan dapat hidup sejahtera apabila hasil potensi yang dihasilkan dikelola dengan baik dan benar. Dalam kesempatan ini mahasiswa pertanian ingin memberi bukti bahwa kami ada untuk masyarakat dan siap membangun pertanian Indonesia.” pungkasnya.

Penulis : Afrijal dkk bidang infokom HIMAGRI FP UNIMAL

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!