News

Cuaca Buruk, Badai Dahlia Akan Hantam Aceh

SELIDIKI.COM, BANDA ACEH – Habis Siklon Tropis Cempaka Terbitlah Siklon Dahlia. Masyarakat Aceh diimbau tetap waspada. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kemunculan siklon tropis baru Dalia di Barat Daya Bengkulu, dan diprakirakan selama dua hari ke depan bakal melintasi sebagian wilayah Aceh.

Karenanya, BMKG mengingatkan masyarakat terhadap kemungkinan munculnya hujan deras, petir angin kencang dadakan, banjir, dan tanah longsor serta gelombang tinggi.

“Siklon yang diberi nama Dahlia ini dapat menimbulkan dampak cuaca ekstrem di beberapa wilayah Aceh,” kata Zakaria SE kepada Serambinews.com, Kamis (30/11/2107) siang.

Baca Juga : Hujan Hampir Sepekan Petani Aceh Utara Terancam Gagal Panen

Kasi data dan informasi BMKG Bandara Sultan Iskandarmuda, Blang Bintang, Zakaria menyebutkan, dengan bergerak Eddy (pusaran angin) dari Laut China Selatan melintasi semenanjung Malaysia menuju Selat Malaka.

Dampaknya akan tumbuh siklon Tropis Dahlia sebelah Barat Daya Bengkulu membuat belokan angin serta pengerucutan masa udara (konvergensi) di atmosfer Aceh.

Maka akan ada awan-awan konvektif yang berpotensi terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang juga berefek meningkat nya gelombang tinggi di wilayah Aceh.

Baca Juga : Himpunan Mahasiswa Agribisnis UNIMAL Adakan Bina Desa di Alue Ie Mudek Aceh Utara 2018 Mendatang

Setelah cempaka obok-obok Pulau Jawa yang juga berpengaruh terhadap pemicu cuaca buruk wilayah Aceh, kini Cempaka hilang dan Dahlia datang.

Siklon tropis Dahlia yang datang tidak peris berada pada posisi Badai Cempaka, tetapi Badai Dahlia yang muncul kali ini adalah sebelah Barat Daya Bengkulu. Dengan keberadaan badai ini diperkirakan akan menyumbang cuaca buruk untuk sebagian Pulau Jawa dan Sumatera.

 

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!