Peristiwa

Ada Warna Merah Menyala di Puncak Gunung Agung, Lava?

Gunung Agung Erupsi

SELIDIKI.COM, BALI – Warna merah menyala terpantau di puncak kawah Gunung Agung. Diduga warna merah menyala yang terlihat pada pukul 23.00 Wita itu adalah lava.

‎Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika ‎membenarkan adanya warna merah menyala di puncak Gunung Agung yang informasinya ia dapatkan melalui foto dari warga.

“Semoga tidak hoax foto ini,” kata Gede saat dihubungi, Sabtu (25/11/2017).

Ia belum berani memastikan apakah warna merah menyala di puncak Gunung Agung itu lava atau bukan. Kemungkinan, bisa saja hal itu lava yang dimuntahkan oleh gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut.

Baca juga : Angin Puting Beliung Hantam 13 Rumah di Aceh Utara

Saat ini, Gede mengaku masih menganalisis hal tersebut.‎ “Ya sementara kita masih analisis. Ini kami dapat foto yang cukup bagus dari warga. Kami masih analisis. Bisa saja itu lava. Nanti kami rilis hasilnya ya, kami analisis dulu,” katanya.‎‎‎

Sore tadi pukul 17.20 Wita Gunung Agung meletus. Letusan disertai kepulan asap setinggi 1,5 kilometer. Abu vulkanik pun dimuntahkan gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut.

Beberapa jam berselang tepatnya pukul 19.00 Wita Gunung Agung kembali meletus.

Foto Diduga Lava Gunung Agung

Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho‏ dalam akun twitternya mengunggah foto kondisi terkini Gunung Agung. Dalam foto itu terlihat ada pancaran merah di puncak Gunung Agung.

Baca halaman selanjutnya

Sharing is caring!

Laman: 1 2

To Top
error: Content is protected !!