Internasional

Terkuak dan Bocor, Ini 16 Target Serangan Rudal Nuklir Korea Utara

Korea Utara Target

SELIDIKI.COM, BRUSSELS – Diam-diam Korea Utara telah menentukan target peluncuran senjata nuklir dan rudal balistiknya. Hal tersebut terkuak dan bocor dalam laporan yang dirilis Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa atau European Council on Foreign Relations.

Mana saja yang jadi target rudal Korut? Seperti dikutip dari situs Newsweek, Kamis (23/11/2017), Gedung Putih dan markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon masuk dalam daftar tersebut.

“Kota-kota besar di Amerika Serikat, Guam, Hawaii, dan pangkalan militer AS di Pasifik juga dimasukkan dalam daftar target,” demikian dikutip dari laporan European Council on Foreign Relations.

Yang mengkhawatirkan adalah, pihak Pyongyang tak memberikan batasan pasti tentang penggunaan senjata nuklir terhadap target-target militer dan sipil.

Dengan kata lain, rezim Kim Jong-un menganggap target militer dan sipil sama saja.

Karena pihak Korea Utara belum merilis doktrin nuklir resmi, European Council on Foreign Relations mengandalkan informasi dari kantor berita rezim, dalam setengah dasawarsa sejak Kim Jong-un mengambil alih kekuasaan.

Baca juga : KKB di Papua Bermuatan Politik, Siapa di Belakangnya?

Informasi-informasi itu digunakan lembaga think tank dari Eropa tersebut untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang ambisi nuklir Korea Utara.

“Untuk memprediksi respons Pyongyang atas berbagai skenario dan untuk menghindari perang, masyarakat internasional perlu memahami bagaimana rezim Korut memandang arti penting senjata nuklirnya, dan kapan akan menggunakannya.”

Para peneliti yang mengompilasi data-data tersebut menyimpulkan, sikap Kim Jong-un sungguh jelas, ia tak akan mau mempertimbangkan opsi denuklirisasi.

Putra bungsu Kim Jong-il itu bersikukuh, senjata nuklir diperlukan negaranya untuk mempertahankan diri.

“Tanpa kepastian apakah sistem persenjataannya bisa bertahan dari serangan pertama oleh musuh-musuhnya, pertahanan Korea Utara bersandar pada ancamannya untuk meluncurkan serangan terlebih dahulu.”

Baca juga :Iran Kirim Pasukan ke Amerika Latin dan Teluk Meksiko, Ada Apa?

Daftar 16 Target Rudal Nuklir Korut

Berikut daftar 16 target rudal Korut, yang berada di Amerika Serikat, Asia Pasifik, Korea Selatan, maupun Jepang:

Baca Halaman Selanjutnya

Sharing is caring!

Laman: 1 2

To Top
error: Content is protected !!