Ekonomi

Perjanjian Perdagangan Indonesia-Malaysia Diharapkan Selesai tahun 2018

Kementrian Perdagangan Indonesia

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Malaysia telah sepakat untuk menyelesaikan Review on Border Trade Agreement (BTA) pada tahun 2018. Kesepakatan ini dicapai pada Negosiasi ke-5 BTA Review tahun 1970 yang berlangsung pada 2-3 November 2017 di Yogyakarta.

“Untuk mencapai target ini, kedua delegasi sepakat untuk mengintensifkan rapat. Namun, persimpangan keseluruhan, [keduanya] akan melanjutkan proses konsultasi untuk memfasilitasi finalisasi negosiasi ini,” kata Direktur Negosiasi Bilateral Menteri Perdagangan Made Marthini. , yang juga Ketua Negosiasi BTA Indonesia-Malaysia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/4/2017).

Salah satu isu utama dalam negosiasi, Made menambahkan, adalah daftar pertukaran barang yang diizinkan dalam perjanjian lintas batas.

“Daftar ini disiapkan berdasarkan masukan dari daerah dan Kementerian / Lembaga terkait berdasarkan parameter daya beli, tingkat inflasi, kebutuhan dasar, dan pertumbuhan ekonomi masyarakat perbatasan,” kata Made.

Untuk mempercepat penyelesaian BTA, kedua negara telah saling menukar dokumen lampiran BTA sebelum negosiasi dimulai.

“Hal lain yang juga dibahas adalah poin di daerah perbatasan yang diijinkan oleh kedua negara sebagai pintu masuk / keluar dalam perdagangan perbatasan. Diskusi mengenai hal ini hampir selesai,” tambah Made.

Negosiasi ini akan menghasilkan Kesepakatan Perdagangan Perbatasan sebagai payung hukum bagi orang-orang yang tinggal di perbatasan Indonesia-Malaysia. Negosiasi tersebut merupakan kelanjutan dari pembicaraan sebelumnya yang berlangsung pada 10-11 Juli 2017 di Kuching, Malaysia.

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!