Hukum

Terbitkan Peraturan Pemerintah tentang Pedoman Pulau G Reklamasi, Djarot Akan Jadi Tersangka

Terbitkan Peraturan Pemerintah tentang Pedoman Pulau G Reklamasi, Djarot Akan Jadi Tersangka

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Mantan gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tersebut dikatakan bisa jadi tersangka karena mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 137 Tahun 2017 tentang Pedoman Desain Kota G Hasil Reklamasi Kawasan Strategis di Pantai Utara Jakarta.

Hal tersebut dikemukakan oleh analis kebijakan publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah. Menurut dia, peraturan gubernur tersebut diterbitkan oleh Djarot sebelum berakhirnya masa jabatannya pada 2 Oktober 2017, oleh karena itu, hal tersebut berpotensi menjadi masalah hukum.

“Djarot tidak dapat tidur nyenyak karena berpotensi menjadi tersangka. KPK saat ini mencarinya, jadi sebelumnya sekretaris daerah, kepala Bappeda [badan perencanaan pembangunan daerah], sampai pimpinan dewan diperiksa,” kata Amir. Saat berbincang dengan wartawan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Menurutnya, indikasi bahwa Peraturan Pemerintah No. 137 itu bermasalah antara lain karena dikeluarkan sebelum Peraturan Tata Ruang Zonasi disahkan.

Selain itu, ada juga kaitan dengan perbedaan antara hasil pembahasan dan penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dari Rp10 juta menjadi hanya Rp3 juta. “KPK sekarang mencari ini, karena ada indikasi main,” katanya.

“Oleh karena itu, kita tidak perlu heran jika Jokowi tiba-tiba menegaskan bahwa ia tidak terlibat dalam reklamasi, Jokowi mengakui bahwa ia tidak pernah membicarakan reklamasi baik pada saat menjadi Presiden atau Gubernur,” kata Amir.

Sebagai informasi, mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengeluarkan Peraturan Gubernur tentang Pedoman Desain Kota G dari Reklamasi Kawasan Strategis di Pantai Utara Jakarta.

Peraturan Gubernur No. 137 tahun 2017 diterbitkan pada tanggal 2 Oktober.

Menurut Tuty Kusumawati, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta, peraturan gubernur akan menjadi pedoman desain perkotaan yang pasti (UDGL) untuk Pulau G.

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!