Nasional

Survei SMRC: Kemampuan Aa Gym Ada di bawah Ridwan Kamil untuk Calon Gubernur Jawa Barat

Top rank: Walikota Bandung Ridwan Kamil, calon calon gubernur Jawa Barat dalam pemilu tahun depan, menjelaskan program selama dialog dengan media dan anggota komunitas kreatif di Kode Margonda, Depok, Jawa Barat, pada 7 oktober 2017. ( Indrianto Eko Suwarso)

SELIDIKI.COM, BANDUNG – Karena popularitasnya yang luar biasa di Jawa Barat, pengkhotbah Islam populer Abdullah Gymnastiar, yang dikenal sebagai Aa Gym, diharapkan oleh penggemarnya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan gubernur tahun depan.

Namun, menjadi figur publik yang populer saja tidak cukup mencalonkan diri untuk jabatan publik.

Sebuah studi yang dirilis pada hari Kamis oleh jajak pendapat berbasis di Jakarta Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa meskipun dia telah menjadi kandidat calon yang populer, peringkat kecakapan Aa Gym tertinggal di belakang dari beberapa politisi yang dikenal.

Survei yang diadakan dari tanggal 28 September sampai 3 Oktober, studi SMRC menemukan bahwa Aa Gym akan disukai oleh hanya 1,5 persen dari 820 responden jika pemilihan diadakan hari ini. Ulama yang terkenal berada di peringkat keempat, menyusul dari belakang Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang berada di peringkat ketiga dengan 2,2 persen.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar berada di peringkat kedua dengan dukungan 3,8 persen responden. Walikota Bandung Ridwan Kamil tetap memimpin dengan 16,8 persen responden mengatakan mereka akan memilihnya.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pemilih yang belum memutuskan menyumbang 70,5 persen responden, memberikan kesempatan yang cukup bagi kandidat untuk menarik pemilih.

Direktur eksekutif SMRC Djayadi Hanan mengatakan sulit bagi Aa Gym untuk meningkatkan kemampuannya karena rating popularitasnya sudah pada tingkat maksimum.

“Sembilan puluh lima persen [pemilih] sudah mengenal Aa Gym,” kata Djayadi.

Sementara itu, menurut Djayadi bahwa Ridwan Kamil yang popularitasnya berada pada 77 persen, masih bisa meningkatkan kemampuannya dengan meningkatkan popularitasnya. (ebf)

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!