Internasional

Bangladesh Akan Memulangkan Pengungsi Rohingya Kembali ke Myanmar

Rohingya

SELIDIKI.COM –  Myanmar dan Bangladesh, Selasa (24/10/2017), telah sepakat untuk bekerja sama dalam mengirim pengungsi Rohingya pulang ke rumahnya di Myanmar.

Jumlah Muslim Rohingnya yang telah melarikan diri dari Myanmar sejak 15 Agustus 2017 telah mencapai lebih dari 600.000 orang. Pada saat itu, serangan gerilyawan Rohingya memicu aksi militer oleh tentara Myanmar, yang oleh PBB disebut sebagai pembersihan etnis.

Pada pertemuan di ibukota nasional Myanmar, Naypyitiaw, yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Myanmar Letnan Jenderal Kyaw Swe dan rekannya dari Bangladesh Asaduzzaman Khan, kedua negara menandatangani sebuah kesepakatan mengenai kerja sama keamanan dan perbatasan.

Kedua negara juga sepakat untuk menghentikan arus pengungsi Myanmar ke Bangladesh dan juga membentuk sebuah kelompok kerja bersama,” Tin Myint, sekretaris permanen kementerian dalam negeri Myanmar mengatakan setelah pertemuan tersebut.

Ribuan pengungsi terus mengalir melintasi sungai Naf yang memisahkan negara-negara Rakhine di barat Myanmar dan Bangladesh dalam beberapa hari ini, meskipun Myanmar mengatakan operasi militer tersebut berakhir pada 5 September 2017.

Amerika Serikat mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya mempertimbangkan sejumlah tindakan untuk menanggapi perlakuan Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Sementara itu, ratusan orang di Rakhine pada hari Minggu telah bersatu untuk mendesak pemerintah Myanmar agar tidak mengirim kembali Rohingya.

—-

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!