Internasional

Gatot Nurmantyo Bantah Ditolaknya Berangkat Ke AS karena Kesalahan Administrasi

Gatot Nurmantyo dan Jokowi

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan naik pesawat yang menuju ke Amerika Serikat akhir pekan lalu karena “kesalahan administrasi” yang “cepat dikoreksi,” menurut Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situsnya pada hari Rabu, kedutaan tersebut berhenti mengatakan bahwa Gatot telah ditolak masuk ke AS, yang menyatakan bahwa dia dan istrinya “tertunda karena kemampuan mereka untuk naik pesawat terbang mereka.”

“Kami telah mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah hal ini terjadi lagi. Tidak ada pembatasan perjalanan sang jenderal atau istrinya, dan kami menyambut mereka di Amerika Serikat, “bunyi pernyataan tersebut.

Kedubes AS mengatakan bahwa mereka menyesalkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh insiden tersebut, menambahkan bahwa pemerintah AS “didedikasikan untuk memastikan bahwa semua orang yang bepergian ke Amerika Serikat diskrining dan diperiksa dengan benar untuk menjaga tanggung jawab kita terhadap keamanan nasional AS.”

Gatot dan istrinya diundang oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Joseph Dunford untuk menghadiri sebuah konferensi di Washington.

Namun, dia diberitahu oleh seorang pejabat Emirat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari Sabtu siang bahwa dia tidak dapat berangkat.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS sebelumnya mengatakan bahwa Gatot memilih untuk tidak melakukan perjalanan setelah dibersihkan dan diperiksa pada penerbangan lain.

Gatot mengatakan bahwa dia memutuskan untuk membatalkan perjalanannya ke AS setelah gagal naik pesawat asli dan melaporkan kejadian tersebut ke Presiden Joko Widodo (jokowi), yang mengatakan kepadanya untuk tidak pergi.

Kejadian tersebut memicu kemarahan di antara beberapa anggota parlemen dan meminta Kementerian Luar Negeri untuk mengajukan surat diplomatik yang meminta penjelasan dari pemerintah AS.

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!