Indonesia

Joko Widodo dan Prabowo Bersaing di Pilpres 2019

SELIDIKI.COM, JAKARTA – Joko Widodo masih memiliki peluang untuk menang pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan Roda Tiga Konsultan (RTK) pada 15-29 September 2017. Survei dilakukan menggunakan metode stratified random sampling dengan 2600 responden dan margin of error (MoE) sekitar 1,96%.

Semetara pesaing terdekatnya Prabowo Subianto dipilih oleh sekitar 17,4% pada pilihan terbuka dan 22% pada pilihan semi terbuka. Nama-nama lain yang muncul ada nama Agus Harimurti Yudhoyono, Jusuf Kalla dan Gatot Nurmantyo serta Hary Tanoesoedibyo.

Baca Juga : Penolakan Jenderal Gatot ini Penghinaan Bagi Indonesia

Walau demikian, kata Rikola, keunggulan Jokowi tidak mencapai angka 50%. Pada simulasi head to head dengan Prabowo, elektabilitas Jokowi hanya 43,3% dan Ketua Umum Gerindra itu 29,3%.

Walaupun diluar margin of error, perbedaannya hanya sekitar 15%.

“Nama orang nomor satu di Indonesia ini masih unggul di antara nama-nama pilihan yang disuguhkan kepada masyarakat untuk memimpin Indonesia kedepan. Sekitar 29,8% memilih Jokowi dalam pilihan terbuka dan 36,6% pada pertanyaan semi terbuka dengan pilihan nama,” kata peneliti RTK Rikola Fedri dalam keterangan tertulis, Minggu (22/10/2017).

Sharing is caring!
  • 9
    Shares
  • 9
    Shares
To Top
error: Content is protected !!