Ekonomi

Indonesia dan Turki Sepakat Bentuk Dewan Strategis Tingkat Tinggi

Indonesia dan Turki Sepakat Bentuk Dewan Strategis Tingkat Tinggi

SELIDIKI.COM, MADINAH – Indonesia dan Turki telah sepakat untuk membentuk dewan strategis tingkat tinggi sebagai forum komunikasi untuk meningkatkan kerjasama ekonomi kedua negara, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengungkapkan kesepakatan yang telah dibuatnya dengan Turki kepada para wartawan saat terbang di atas Laut Mediterania ke sebuah pesawat kepresidenan ke Madinah pada hari Sabtu, di mana dia akan melakukan ziarah kecil setelah mengunjungi Turki untuk menghadiri Delapan Negara Berkembang (D- 8) pertemuan puncak.

“Saya telah sepakat untuk membentuk sebuah dewan tingkat tinggi atau badan yang lebih tinggi untuk meningkatkan perdagangan, karena peran tersebut sejauh ini hanya dimainkan oleh menteri perdagangan,” katanya.

Dia kemudian mencatat bahwa konsultasi tingkat tinggi dapat dilakukan dan keputusan cepat dapat diambil dengan berkoordinasi dengan pejabat tingkat menteri untuk Indonesia dan tingkat menteri utama untuk Turki.

Kalla menambahkan bahwa forum ini diharapkan dapat mendorong kerja sama ekonomi, yang mencakup tidak hanya perdagangan tapi juga investasi di bidang pertahanan, industri, pertanian, dan sektor lainnya.

Dia mengatakan bahwa Indonesia sejauh ini menikmati surplus dalam perdagangannya dengan Turki, dan, mengingat hal itu, Turki ingin menyeimbangkan perdagangan dengan meningkatkan kerja sama.

Perdagangan antara kedua negara saat ini bernilai sekitar US $ 1,5 miliar, dengan ekspor Indonesia ke Turki mencapai $ 1,2 miliar.

Kalla mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Dolmabhace pada hari Jumat malam, diapit oleh menteri luar negeri Retno Marsudi.

Sumber: AntaraNews

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!